home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rumah Sakit Hasil Sumbangan Masyarakat Indonesia di Palestina Siap Beroperasi

Kamis, 02 Juli 2015 15:00 by fzhchyn | 2871 hits
Rumah Sakit Hasil Sumbangan Masyarakat Indonesia di Palestina Siap Beroperasi
Image source: mirajnews.c

DREAMERSRADIO.COM - Presiden Joko Widodo akan mengunjungi Palestina untuk mendatangi grand launching rumah sakit baru di Gaza, Palestina. Rumah sakit yang dinamakan Rumah Sakit Indonesia (RSI) ini sepenuhnya didanai oleh masyarakat Indonesia dan digagas oleh Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).

Sementara untuk kapan waktu kunjungan Presiden Jokowi masih diatur, soft launching untuk rumah sakit terbesar di Palestina dengan kapasitas 100 pasien ini sudah dilaksanakan pada 15 Juni lalu, menurut Kepala Presidium MER-C Henry Hidayatullah, Kompas.com melaporkan.

MER-C sendiri adalah sebuah organisasi sosial dan kemanusiaan yang menyediakan layanan medis darurat yang sangat mobile untuk korban perang dan konflik serta orang-orang yang terkena bencana alam.

Rumah sakit seluas 16.261 m2 itu terletak di daerah Bayt Lahiya, Gaza Utara dan merupakan tanah wakaf dari pemerintah Palestina. Henry menjelaskan, rumah sakit ini dikhususkan untuk traumatologi dan rehabilitasi, yakni penanganan pada pasien cedera yang banyak ditemui ketika perang terjadi.

Rumah sakit ini juga memiliki desain yang berbeda dari sejumlah bangunan di jalur Gaza, yakni segi 8. Selain itu, peralatan kesehatan yang digunakan juga menggunakan teknologi lebih canggih dibanding rumah sakit yang sudah ada.

Pembangunan fisik rumah sakit dua lantai ini telah dilakukan sejak 2011 dan memakan waktu 3,5 tahun. Kemudian dilanjutkan dengan pengadaan alat kesehatan. Dan dinamakan Rumah Sakit Indonesia karena seluruh dana pembangunan hingga pengadaan alat kesehatan berasal dari dana sumbangan masyarakat Indonesia, yakni mencapai Rp 120 miliar.

Tak hanya dana, mulai dari ide, arsitek, dan pekerja teknis RSI juga merupakan relawan Indonesia di Jalur Gaza. “Kita menggalang dana sekitar 5 tahun. Sumbangan dahsyat pada Ramadhan tahun lalu. Dana itu bisa mencapai Rp 200 juta per hari dalam bentuk recehan. Kepedulian masyarakat Indonesia luar biasa,” ucap Henry.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)