home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Di Kota Ini Matahari Terlihat 24 Jam! Bagaimana Berpuasanya?

Sabtu, 04 Juli 2015 15:00 by reinasoebisono | 3012 hits
Wah, Di Kota Ini Matahari Terlihat 24 Jam! Bagaimana Berpuasanya?
Inuvik.ca

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah kota di Kanada yang bernama Inuvik memiliki fenomena cuaca yang menarik, terutama saat bulan Juni-Agustus. Terlebih karena pada saat ini bertepatan dengan bulan Ramadhan di mana seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa.

Inuvik bisa melihat matahari full non-stop di musim panas, yaitu selama 24 jam! Kota kecil di bagian Northwest Territories ini masuk ke lingkar Arktik atau Kutub Utara. Hal yang sama juga terjadi saat musim dingin, Inuvik bisa gelap sepanjang hari hingga berbulan-bulan tidak melihat matahari.

Bahkan Inuvik mendapat julukan ‘The Midnight Sun’ karena kadang matahari bisa terlihat saat tengah malam, melansir laman resmi Inuvik.ca. Hal ini mengakibatkan warga muslim Inuvik bisa berpuasa hampir satu hari penuh.


Warga muslim Inuvik berbuka puasa (Inuvikphotos.ca)

Namun merujuk pada situs Islamicfinder.org, Ramadhan tahun ini rata-rata waktu Subuh Inuvik adalah jam 5.10, sedangkan Maghrib atau waktu berbuka puasa ada di jam 10.45 malam. Total Inuvik berpuasa per harinya sekitar 17 jam!

Hal ini memang bisa saja terjadi di beberapa belahan dunia terutama yang berada di ujung-ujung kutub dunia. Karena bumi bulat dan rotasi bumi terhadap matahari tak berubah, menyebabkan matahari bisa atau tidak menyinari kawasan tertentu, seperti yang terjadi di Inuvik.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)