home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Menghindari Efek Negatif dari Klorin dalam Pembalut

Rabu, 08 Juli 2015 13:56 by fzhchyn | 6267 hits
Cara Menghindari Efek Negatif dari Klorin dalam Pembalut
Image source: turbosquid.

DREAMERSRADIO.COM - Kekhawatiran mulai timbul setelah kemarin (7/7) Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengumumkan bahwa ada sembilan merek pembalut yang mengandung klorin. Pasalnya beberapa merek yang disebutkan adalah produk pembalut yang banyak digunakan kaum wanita.

Selain itu, dampak bahaya dari klorin dalam pembalut yang bisa menyebabkan iritasi sampai kanker serviks juga semakin membuat masyarakat khawatir.

Menurut dokter kulit Laksmi Duarsa, paparan klorin terhadap kulit mungkin saja dapat menyebabkan kanker namun dirinya pun mengatakan bahwa belum ada penelitian tentang kanker yang disebabkan klorin dalam pembalut.

Kanker bisa terjadi saat seseorang mengalami iritasi terbuka lalu terpapar zat kimia seperti klorin dan tanpa pelindung apapun. Menurut Laksmi, kanker serviks karena klorin dalam pembalut mungkin terjadi pada seseorang dengan iritasi kronis.

“Yang lebih banyak terkena adalah orang-orang yang berhubungan seksual sehingga menyebabkannya terkena iritasi kronis. Iritasi kronis yang kemudian terpapar zat klorin bisa saja menyebabkan kanker. Secara nalar iritasi terbuka memang dapat menyebabkan kanker,” ujarnya dikutip CNN.

Lalu bagaimana cara menghindari efek buruk dari kandungan klorin yang ditemukan dalam pembalut ini?

Baca juga: Ada Bahaya Mengintai dari Kebiasaan Menyimpan Pembalut di Tas Terlalu Lama

1. Cek kondisi kulit

Menurut Laksmi, salah satu cara menghindari efek negatif klorin pada pembalut adalah dengan mengetahui kondisi kulit sendiri. Apakah kita memiliki dermatitis kulit atau ada alergi atau tidak. Dan jika sudah diketahui penyebab utamanya, baru bisa dihilangkan (penyakitnya).

2. Pembalut kain

Pihak YLKI juga menyarankan pada kaum wanita untuk memakai pembalut kain untuk terhindar dari kandungan klorin dalam pembalut yang biasa digunakan. Karena dalam pembalut kain tidak ditemukan zat klorin.

Selain itu, pembalut kain juga bisa dipakai ulang dan dicuci kembali sehingga kita mengetahui apa yang kita pakai dan bagaimana kebersihannya. Pembalut kain juga memiliki tingkat keamanan jangka panjang.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)