home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada Penyakit-penyakit yang Rentan Menyerang Selama Mudik

Senin, 13 Juli 2015 19:00 by fzhchyn | 1311 hits
Waspada Penyakit-penyakit yang Rentan Menyerang Selama Mudik
Image source: youtube.com

DREAMERSRADIO.COM - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar masyarakat Indonesia biasanya akan pergi ke kampung halaman atau mudik. Tak peduli jauhnya jarak yang akan ditempuh, mereka rela melakukaannya demi berkumpul bersama keluarga besar di hari kemenangan.

Namun akibat kurangnya persiapan fisik dan mental serta mudik dilakukan saat masih menjalankan ibadah puasa, pemudik biasanya rentan terserang berbagai penyakit.

Menurut Ari Fahrial Syam, staf pengajar di Departemen Ilmu penyakit Dalam FKUI-RSCM, ada tiga kelompok penyakit yang rentan menyerang selama mudik: penyakit kronik yang kambuh, penyakit akibat kelelahan, serta penyakit akibat kecelakaan.

1. Penyakit kronik yang kambuh

Bagi seseorang yang memiliki penyakit kronik seperti diabetes, hipertensi, maag, dan asma, umumnya cenderung akan mengalami kambuh saat mudik. Hal ini diakibatkan karena kondisi yang lelah dan waktu yang tidak jelas untuk sampai di tempat tujuan. Ditambah dengan stres selama perjalanan.

Cuaca yang tidak menentu, kadang panas dan kadang hujan juga bisa menjadi faktor yang memperburuk keadaan menurut Ari sepeti dilansir laman CNN.

2. Penyakit akibat kelelahan

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Selain penyakit kronik, kelelahan selama di perjalanan juga bisa menurunkan daya tahan tubuh. Ditambah lagi, saat berbuka puasa serta sahur selama dalam perjalanan, pemudik cenderung mengonsumsi makanan yang tidak cukup dan seadanya saja.

Sebagian besar pemudik bahkan hanya mengonsumsi makanan dan minuman yang didapat selama perjalanan atau dibawa selama perjalanan, sehingga penyakit infeksi akut, seperti flu, diare, dan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) mudah terjadi.

3. Penyakit akibat kecelakaan

“Kecelakaan masih penyebab kematian utama bagi para pemudik,” kata dokter yang juga Ketua PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia) Jaya Jakarta. Mengantuk dan ingin cepat sampai ke kampung halaman merupakan faktor utama yang menyebabkan pengendara tidak waspada, sehingga kecelakaan tidak dapat dihindarkan.

Selain kecelakaan lalu lintas, para pemudik juga bisa mengalami kecelakaan karena lengah, misalnya terjatuh, terbentur oleh pemudik lain yang juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Tetap hati-hati dan jaga kesehatan selama mudik ya, Dreamers..

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)