home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ketahui Kondisi Tubuh dari Siklus Menstruasi dan Rasa Sakit yang Dialami

Kamis, 23 Juli 2015 19:45 by fzhchyn | 3441 hits
Ketahui Kondisi Tubuh dari Siklus Menstruasi dan Rasa Sakit yang Dialami
Image source: wonderwardr

DREAMERSRADIO.COM - Mestruasi diibaratkan sebagai butiran salju, tidak ada yang sama setiap butirnya. Setiap wanita juga memiliki waktu dan sifat menstruasi yang berbeda, ada yang lama dan keluarnya darah terbilang deras, beberapa orang mungkin tidak terlalu deras, sementara yang lainnnya bahkan memiliki jarak yang lama.

Masing-masing siklus saat menstruasi ini rata-rata sama namun perhatikan lagi apakah terjadi satu waktu di mana haid sangat deras atau bahkan tidak haid sama sekali dalam beberapa periode menstruasi sehingga perlu diperikasakan ke dokter.

Berikut adalah empat hal yang bisa diketahui dari siklus menstruasimu menurut laman Prevention.com.

1.  Tidak menstruasi

Hal paling umum yang menjadi penyebab seorang wanita tidak mengalami menstruasi adalah karena kehamilan atau menopause.

Tapi jika kamu tidak hamil dan terlalu muda untuk menopause tapi tidak menstruasi dalam beberapa periode (3-6 bulan), berarti ada kemunginan masalah dengan thyroid, ketidakseimbangan hormonal yang menyebabkan kista tumbuh pada ovarium, atau kamu terlalu stres.

2. Sakit saat menstruasi

Bukan rahasia lagi jika saat haid, tubuh pasti terasa nyeri. Tak hanya di area perut, bahkan rasa sakit hampir terasa di seluruh tubuh. Hal ini terjadi karena setiap bulannya otot rahim akan berkontraksi mengeluarkan darah sehingga area perut terasa sakit.

Baca juga: Mantan Idol K-Pop Ungkap Kesulitan Para Girl Group Hadapi Menstruasi

Menurut Rima Mehta, MD, seorang direktur ginekologi di Rumah Sakit Pennsylvania, salah satu penyebab paling umum dari rasa sakit saat haid adalah endometriosis, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan jaringan tumbuh di luar rahim seperti di ovarium, saluran tuba, dan perut bagian dalam dan menyebabkan rasa sakit.

3. Menstruasi yang deras

Pada sebagian besar wanita, haid diawali dengan keluarnya darah yang cukup banyak lalu semakin sedikit di hari-hari berikutnya. Tapi “deras” di sini dalam artian kamu harus mengganti pembalut setiap beberapa jam sekali.

Nah jika kamu merasa terlalu sering mengganti pembalut dalam seharinya (satu jam sekali), itu bisa dikatakan tidak wajar. Menurut Aaron K. Styer, MD, seorang pakar endokrinologi reproduksi di Massachusetts General Hospital Fertility Center dan Harvard Medical School, hal itu bisa menjadi tanda kanker rahim, meskipun jarang.

4. Menstruasi tak teratur

Jika kamu tiba-tiba mengalami perubahan siklus haid, jangan terlalu mencemaskannya kata Styer. Hormon yang tidak seimbang adalah salah satu peyebab mengapa wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)