home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menstruasi dan Diet Jadi Penyebab Remaja Kekurangan Zat Besi

Kamis, 06 Agustus 2015 11:16 by fzhchyn | 1835 hits
Menstruasi dan Diet Jadi Penyebab Remaja Kekurangan Zat Besi
Image source: drmarcuslau

DREAMERSRADIO.COM - Banyak orang yang kurang menyadari pentingnya asupan zat besi untuk tubuh. Padahal, gizi ini sangat penting bagi kesehatan karena membantu tubuh membuat sel-sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan gejala kelelahan, sesak napas, kulit pucat, rambut rontok, dan detak jantung yang tidak teratur, serta mempengaruhi konsentrasi dan memori.

Seperti dilansir CNN, menurut rekomendasi Uni Eropa, mulai dari usia 11 tahun, seseorang disarankan mendapat 14 miligram zat besi per hari. Namun, secara rata-rata, laki-laki hanya mendapatkan 11,7 miligram dan perempuan hanya 9,6 miligram.

Sementara itu, hampir setengah dari anak perempuan berusia 11 sampai 18 tahun mendapatkan zat besi yang jumlahnya kurang 8 miligram setiap harinya, jumlah harian yang mereka butuhkan agar terhindar dari kekurangan zat besi. Beberapa penyebab perempuan kekurangan zat besi diantaranya:

1. Menstruasi

Kekurangan zat besi menjadi salah satu masalah akut yang sering terjadi pada perempuan, karena saat menstruasi, kehilangan zat besi akan lebih banyak.

2. Diet

Baca juga: Kelelahan Hingga Ingin Makan Kapur, Berbagai Gejala Anemia yang Perlu Diwaspadai

“Sulit untuk mendapatkan zat besi dengan diet seimbang. Apalagi, ketika perempuan secara drastis mengurangi kalori atau mengikuti diet yang tidak-tidak, diet jus atau diet rendah karbohidrat,” kata Sioned Quirke, dari Asosiasi Dietetik Inggris.

3. Kurang makan daging

Penyebab lainnya adalah, mungkin perempuan cenderung untuk makan daging lebih sedikit. Padahal, daging merupakan sumber zat besi yang baik. Sumber utama nutrisi pada bangsa makanan adalah daging, sereal bergizi, roti, dan sayuran.

Bagi vegetarian yang tidak mengkonsumsi daging merah, biasanya mereka mendapat asupan zat besi yang berasal dari kacang-kacangan dan sayuran. Tapi zat besi dari tanaman dan telur lebih sulit diserap tubuh dibandingkan zat besi dari daging merah.

Untuk itu, mengkonsumsi vitamin C seperti jeruk di saat yang sama dapat membantu penyerapan zat besi dari sayuran.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)