home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jengkel, Petani Garut Buang 20 Ton Tomat ke Selokan

Jumat, 14 Agustus 2015 10:00 by fzhchyn | 3380 hits
Jengkel, Petani Garut Buang 20 Ton Tomat ke Selokan
Image source: Facebook

DREAMERSRADIO.COM - Harga jual tomat yang terlalu rendah dan tidak sebanding dengan ongkos angkut, membuat seorang petani bernama Dedi Hermawan memutuskan untuk tidak memanen tomat-tomat di kebunnya dan dibiarkan begitu saja.

Melansir BBC, Dedi mengatakan bahwa harga jual tomat saat ini sedang jatuh, hanya sekitar 300 rupiah per kilogram. Sedangkan ongkos angkut dari kebun ke tengkulak atau bandar – yang harus ditanggung petani – adalah sekitar Rp500 per kilogram.

"Itu ongkos angkut saja, padahal untuk menanam itu kalau dihitung-hitung sudah habis Rp3.000 per pohon,” kata pria 40 tahun tersebut. Dan daripada menanggung lebih banyak rugi, Dedi memutuskan untuk membuang tomat-tomatnya yang sudah matang.

"Ada sekitar 20 ton, dibuang, tidak dipanen sudah saja ditinggal di kebun. Nanti kalau olah lahan, ya tanamannya dicangkul lagi,” pungkasnya.

Baca juga: Variasi Makanan yang Dapat Membantu Wajah Terlihat Lebih Muda

Sementara itu, tomat-tomat di Garut telah menjadi bahan perbincangan setelah sebuah foto yang diunggah ke Facebook menunjukkan banyak tomat yang dibuang oleh para tengkulak ke selokan di daerah Cikajang, Garut.

Kristianto Hengki yang mengambil foto tersebut mengatakan dia merasa prihatin dan kasihan kepada petani yang merugi karena panennya sia-sia.

"Itu memang daerah yang sering saya lalui sehari-hari. Cuaca panas sehingga tomat jadi cepat rusak. Tomat-tomat di selokan itu tidak busuk sebetulnya, tetapi sudah sangat merah dan jelek. Kalau dijual di pasar pasti tidak laku," jelasnya.

Walau prihatin, Hengki mengatakan aksi buang-buang hasil panen sudah biasa terjadi karena 'petani jengkel'.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)