home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Ternyata Mengubur Diri dalam Pasir Pantai Bisa Buat Diare!

Jumat, 21 Agustus 2015 23:00 by fzhchyn | 2895 hits
Duh, Ternyata Mengubur Diri dalam Pasir Pantai Bisa Buat Diare!
Image source: linasasmita

DREAMERSRADIO.COM - Saat cuaca cerah, mengunjungi pantai memang menjadi pilihan menarik, karena kita bisa melihat air laut yang biru dan jernih. Apalagi jika pantainya bersih dan memiliki pasir yang putih, kita bisa bermain-main membangun istana pasir atau bahkan mengubur diri dalam pasir.

Tapi hati-hati, Dreamers! Ternyata pantai itutidak sebersih seperti yang kita kira karena pantai mengandung banyak sekali bakteri. Menurut sebuah studi baru yang dilansir jurnal Environmental Science & Technology, ternyata pantai merupakan tempat bakteri fecal, yaitu bakteri yang ditemukan dalam tinja alias kotoran manusia.

"Pengunjung pantai harus menyadari implikasi kesehatan jika terkontaminasi pasir pantai dan tidak harus mengasumsikan pasir itu selalu aman," kata pemimpin peneliti, Tao Yan, PhD, seperti dilansir laman Health.

Dalam penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa pasir pantai sebenarnya jauh lebih kotor dibandingkan air laut. Mereka menemukan bahwa proses pembusukan bakteri berbahaya itu jauh lebih lambat di pasir pantai daripada di air, yang mungkin menjelaskan mengapa pasir merupakan sarang bakteri tersebut.

Baca juga: Bisa Berubah Warna, Pantai Unik Ini Berpasir Ungu

Sebuah studi 2012 di jurnal Epidemiology menunjukkan bahwa bakteri fecal yang berada di pasir pantai benar-benar bisa membuat sakit. Mereka mensurvei hampir 5.000 pengunjung pantai dan menemukan bahwa mereka yang bermain di pasir atau terkubur di pasir lebih mungkin untuk menderita diare, mual dan muntah seminggu setelah mereka mengunjungi pantai.

Namun, para peneliti menekankan tidak ada alasan bagi kita untuk berhenti mengunjungi pantai asalkan mengambil tindakan pencegahan yang jelas.

"Gejala yang kami amati biasanya ringan dan tidak harus mencegah orang dari mengunjungi pantai, tetapi mereka harus mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan setelah bermain di pasir atau air," kata penulis senior Timothy Wade, PhD.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)