home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korea Selatan Bersedia Ajari Pemerintahan Jokowi Cara Bangun Desa

Rabu, 26 Agustus 2015 07:06 by ningcil | 3752 hits
Korea Selatan Bersedia Ajari Pemerintahan Jokowi Cara Bangun Desa
Image source: merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama Kementerian Administrasi Pemerintahan dan Dalam Negeri (MoGAHA) Republik Korea Selatan, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di bidang pembangunan daerah, hari ini, Selasa (25/8).

Salah satu poin kesepakatan itu adalah tukar ilmu terkait pembangunan pedesaan dengan konsep Saemaeul Undong (Gerakan Desa Baru). Model yang digagas oleh Presiden Korea Park Chung-hee pada 1970 ini, rencananya akan diterapkan di desa-desa di Indonesia.

"Kedua negara akan terus meningkatkan program Saemaeul Undong akan ada pertukaran SDM, kita telah membangun beberapa desa menjadi contoh bagi Indonesia," kata Wakil Menteri MoGaha, Chung Chae-gun, di Jakarta.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Pemerintah RI menyambut baik tawaran Korea Selatan ini. Menteri PDT Marwan Jafar menjelaskan gerakan Saemaul Undong merupakan salah satu realisasi revolusi mental yang digerakkan oleh pemimpin desa.

"Bedanya Korsel lebih kuat revolusi mental, sedangkan kita masih perlu guidance," ungkap Marwan. Untuk menindaklanjuti program konkret Saemaeul Undong ini, rencananya Marwan akan bertandang ke Negeri Ginseng pada November mendatang. Besar harapan nantinya program tersebut akan sukses sehingga desa-desa bisa berkembang seperti di Korea Selatan.

"Kami akan belajar mekanisme kota dan mencari desa dengan karakter yang sama dengan mereka. Seperti karakter di daerah pertanian yang dapat mengembangkan kimchi, lihat di Korea kan kimchinya terkenal," tambah Sekjen Kemendes PDT Anwar Sanusi.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)