home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seniman Banksy Buka Taman Hiburan yang ‘Tidak Cocok’ Untuk Anak-Anak

Rabu, 26 Agustus 2015 13:00 by reinasoebisono | 6173 hits
Seniman Banksy Buka Taman Hiburan yang ‘Tidak Cocok’ Untuk Anak-Anak
Image source: Amusing Pla

DREAMERSRADIO.COM - Jangan bayangkan keramaian dan keceriaan seperti Disneyland. Karena taman hiburan karya seniman Banksy asal Inggris ini jauh dari warna-warni kesenangan yang biasanya terlihat di taman hiburan pada umumnya.

Memang tidak seram atau horor, apalagi penuh darah, hanya saja taman hiburan ‘Dismaland’ ini mengambil konsep satire yang artinya sindiran-sindiran dari kebahagiaan yang sebenarnya terjadi di kehidupan asli.


Image source: Amusing Planet

Contohnya di wahana patung Cinderella kecelakaan karena kuda dan kereta kencananya terbalik serta hancur. Tapi bukannya ditolong, di sekelilingnya banyak patung-patung kameramen yang mengabadikan momen tersebut. Banyak yang menganggap wahana ini adalah cerminan tragedi yang menimpa Putri Diana, di mana kecelakaannya malah jadi eksploitasi media.


Image source: Amusing Planet

Banksy memang sesuka hati menuangkan ide-idenya di ‘Dismaland’, Istana yang biasanya berdiri megah di Disneyland terlihat kotor dan telrihat tak terurus, bahkan atapnya sudah bolong-bolong. Kolam di depannya pun tidak jernih, apalagi patung Ariel ‘Little Mermaid’ terlihat buram seperti layar TV hilang sinyal. ^^

Lantainya pun dibiarkan tidak diaspal rapi apalagi diberikan paving block yang cantik, telrihat pasir bertebaran di sudut-sudut taman. Ada juga Merry Go Ground atau komedi putar yang penjaganya memakai baju anti radiasi dan maskers, seperti menunjukkan bahwa wahana itu berbahaya, duh!



Wahana-wahana unik di Dismaland (Amusing Planet)

Taman hiburan ini dibantu oleh tidak kurang dari 50 seniman dari seluruh dunia seperti Damien Hirst, Bill Barminski, Caitlin Cherry, Polly Morgan, Josh Keyes, Mike Ross, David Shrigley, Bäst dan Banksy sendiri.

Sayangnya taman hiburan ini tidak permanen karena hanya dibuka dari tanggal 22 Agustus hingga 27 September . Makna sebenarnya dari taman hiburan ini adalah meninggalkan sejenak hingar bingar kemewahan dengan merasakan kesedihan dan tangisan anak-anak di belahan dunia lain.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)