home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sejak Kemunculan Manusia, Setengan Pohon di Bumi Telah Lenyap

Jumat, 04 September 2015 23:00 by fzhchyn | 3629 hits
Sejak Kemunculan Manusia, Setengan Pohon di Bumi Telah Lenyap
Image source: cathedralgr

DREAMERSRADIO.COM - Pohon merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak digunakan untuk membuat berbagai barang dan kebutuhan manusia. Keberadaannya yang kian berkurang karena kebutuhan industri dan pembangunan tentu menjadi perhatian oleh berbagai kalangan.

Baru-baru ini, Universitas Yale melakukan penelitian untuk menemukan jumlah pohon yang ada di Bumi. Hal paling mengejutkan dari penelitian ini adalah bahwa Bumi sudah kehilangan hamir separuh pohonya.

Menurut mereka, sejak manusia muncul sekitar 11.700 tahun silam sampai saat ini, total pohon yang lenyap mencapai 46%! Dengan mengunakan teknologi satelit, ilmuwan berhasil memetakan lebih dari 400.000 bagian hutan di Bumi, kecuali benua Antartika, untuk melaksanakan survei pepohonan tersebut.

Dari hasil survei dan pemetaan, terungkap bila saat ini jumlah pohon di Bumi sekitar 3,04 triliun buah. Jumlah itu cukup untuk memberikan 'jatah' 422 pohon untuk setiap manusia. Menariknya, jumlah itu lebih banyak sekitar 8 kali lipat dari penelitian sebelumnya.

Baca juga: Sering Pakai Jet Pribadi, Bella Hadid Donasikan 600 Pohon

Kawasan Rusia yang berdekatan dengan Kutub Utara, Skandinavia, dan Amerika Utara sendiri disebut sebagai kawasan dengan jumlah pohon terpadat di Bumi. Meski demikian, kawasan hutan hujan di area khatulistiwa tetap menjadi 'rumah' terbesar bagi pohon.

Sayangnya, kabar itu belum bisa membuat ilmuwan dan pemerhati lingkungan senang. Sebab, angka penebangan hutan masih sangat tinggi. Diperkirakan tidak kurang dari 15 miliar pohon mati per tahunnya.

"Kita hampir kehilangan separuh pohon di planet ini, dan kita sudah melihat sendiri bagaimana dampaknya terhadap iklim dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan bisa kembali menekankan pentingnya menjaga dan mengembalikan hutan di berbagai belahan Bumi," ujar Thomas Crowther, ilmuwan dari Universitas Yale, Daily Mail (03/09).

[bbo]

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)