home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kabut Asap Tebal di Riau Ternyata Berasal dari Jambi dan Sumatera Selatan

Senin, 07 September 2015 10:14 by ningcil | 5521 hits
Kabut Asap Tebal di Riau Ternyata Berasal dari Jambi dan Sumatera Selatan
Image source: merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Tebalnya asap di Riau berdampak negatif terhadap kehidupan masyarakat khususnya untuk kesehatan dan pendidikan. Tak hanya itu, dunia penerbangan pun ikut terganggu karena kabut asap tersebut. Tapi ternyata, mayoritas asap tersebut bukan berasal dari Riau sendiri.

Menurut laporan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDP) Riau, Edward Sanger, titik api di Riau tidak begitu banyak dan bukan merupakan sumber dari asap saat ini, melainkan dari Jambi dan Sumatera Selatan.

“Asap di Riau sekarang saat tebal dan berasal dari Sumatera Selatan dan Jambi. Sebab, angina berhembus dari Selatan ke Utara,” kata Edward pada Merdeka.

Ia menjelaskan bahwa asap yang dihembuskan angin sampai di Riau dan tak berhembus kemana-mana lagi, sehingga asap tebal tersebut tetap ngumpul.

Baca juga: Mirisnya Pemandangan Marina Bay Sands Terkena Kabut Asap Dari Indonesia, Apa Kabar F1 Singapura?

“Nah, Riau sebagai tempat ngumpulnya asap dari dua provinsi itu. Kalau hanya titik api di Riau saja yang saat ini ada 27 titik, dalam sehari bisa kita selesaikan, tapi ini asapnya dari provinsi tetangga, ini dia masalahnya,” keluhnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau ada 413 titik panas di Pulau Sumatera, yang tersebar di 8 provinsi, salah satunya di Riau dengan 45 titik panas menyebar di beberapa kabupaten.

 Asap juga berpengaruh terhadap udara sehingga membuat jarak pandang terbatas. Di Pekanbaru, jarak pandang hanya 200 meter, Rengat Indragiri Hulu 200 meter, Dumai 800 meter, Pelalawan 50 meter.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)