home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Atasi Kemacetan Akut di Jakarta, Pemerintah Resmikan Pembangunan Kereta Ringan

Kamis, 10 September 2015 10:09 by fzhchyn | 2557 hits
Atasi Kemacetan Akut di Jakarta, Pemerintah Resmikan Pembangunan Kereta Ringan
Image source: setkab.go.i

DREAMERSRADIO.COM - Banyak cara yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengurangi masalah kemacetan yang terjadi di Jakarta dan kota-kota sekitarnya. Kereta ringan atau yang disebut juga dengan Light Rail Transit (LRT) pun sudah dijadikan wacana jauh sebelumnya.

Dan tepatnya pada Rabu (9/9) kemarin, Presiden Joko Widodo didampingi menteri serta Gubernur DKI Jakarta dan Jawa Barat meresmikan pembangunan kereta ringan tersebut di Jalan Taman Mini 1, Jakarta Timur.

Presiden Jokowi mengaku optimistis proyek tersebut akan berjalan lancar dan tidak berhenti sebelum rampung seperti yang terjadi pada proyek monorail.

"Ya ini kan memulai sesuatu tidak ada masalah, mulai dari nol. Kalau monorail dulu sudah ada masalah, sehingga harus diurai - mengurai masalah dan tidak rampung. Tetapi nanti tiang-tiang monorail akan digunakan," kata Jokowi, mengutip laman BBC Indonesia.

Kereta ringan ini sendiri merupakan transportasi massal berbasis rel yang pembangunannya dilakukan di atas ruang tanah jalan tol dan non tol. Disebut ringan karena roda mengggunakan baja/besi sehingga lebih ringan dan pemeliharaannya lebih murah ketimbang menggunakan roda karet.

Proyek pembangunan LRT ini rencananya akan dibangun dalam dua tahap. Tahap pertama terdiri dari tiga jalur yang melintasi Cibubur - Cawang, Bekasi Timur - Cawang, dan Cawang - Dukuh Atas dengan 18 stasiun dan panjang 42,1 km.

Sedangkan tahap kedua akan melalui Cibubur - Bogor, Dukuh Atas - Palmerah - Senayan, dan Palmerah - Grogol yang meliputi ruas sepanjang 41,5 km.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)