home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sabun Anti-bakteri Ternyata Tak Lebih Efektif dari Sabun Biasa dalam Membunuh Kuman

Kamis, 17 September 2015 15:05 by fzhchyn | 7656 hits
Sabun Anti-bakteri Ternyata Tak Lebih Efektif dari Sabun Biasa dalam Membunuh Kuman
Image source: womenshealt

DREAMERSRADIO.COM - Untuk urusan menghilangkan kuman dan bakteri di tangan dan bagian tubuh lainnya, kita pasti lebih percaya kalau sabun dengan label ‘anti-bakteri’ akan lebih ampuh membunuh bakteri ketimbang sabun biasa.

Tapi ternyata para ilmuwan Korea justru menemukan bahwa sabun anti-bakteri tidak lebih efektif dalam membunuh bakteri dibandingkan sabun biasa, seperti melansir laman Metro.

Dalam penelitian yang dilakukan para peneliti ini, mereka menguji 20 jenis bakteri terhadap sbaun biasa dan sabun anti-bakteri selama 20 detik dalam suhu 22 derajat C dan 20 detik dalam suhu 40 derajat C. Dan hasilnya mereka menemukan bahwa sabun biasa sama baiknya dengan sabun anti-bakteri dalam membunuh bakteri.

Baca juga: Takut Kuman, Anak Muda Saat Ini ‘Anti’ Pakai Sabun Batangan?

Menariknya, fokus masalah bukan pada sabun anti-bakteri yang tidak melakukan lebih baik daripada sabun biasa. Tapi, sabun anti-bakteri perlu sembilan jam untuk melakukan aksinya, sementara kebanyakan orang mencuci tangan hanya dalam hitungan detik.

Pada bagian hasil laporan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy Oxford, para peneliti menjelaskan, “Hasil ini menunjukkan bahwa sabun yang mengandung triclosan memang memiliki kinerja anti-bakteri, tapi efeknya tidak langsung terlihat selama waktu yang singkat saat mencuci tangan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)