home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Dia Jajanan Kaki Lima yang Bahayakan Kesehatan Menurut BPOM

Kamis, 17 September 2015 20:10 by fzhchyn | 22394 hits
Ini Dia Jajanan Kaki Lima yang Bahayakan Kesehatan Menurut BPOM
Image source: photobucket

DREAMERSRADIO.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menemukan ada empat jenis jajanan yang paling bermasalah. Persoalan yang paling banyak ditemukan dari jajanan tersebut adalah masalah kebersihan dan sanitasi.

Melansir laman CNN Indonesia, berikut adalah beberapa jajanan yang dibilang paling bermasalah menurut BPOM.

1. Es

"Persoalan yang paling banyak itu masalah mikrobiologi. Dari hasil kajian kami yang paling bermasalah adalah es," kata Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya BPOM Mustofa saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (17/9).

Mustofa menjelaskan, es-es yang beredar di masyarakat tidak sepenuhnya sehat, apalagi es balok. Bukan karena ada bahan berbahaya yang dikandung es, tapi justru air yang digunakan untuk membuat es tidak higienis.

Ia menjelaskan, BPOM menemukan air yang digunakan untuk membuat es adalah air mentah. Bahkan kata Mustofa ada juga es yang terbuat dari air sungai. "Yang bermasalah itu sumber air untuk membuat esnya. Kalau tidak air mentah ya air sungai," ujarnya.

Menurut Mustofa, penggunaan es balok untuk minuman atau jajanan jenis es sebenarnya salah besar. Es balok sebenarnya diperuntukkan untuk mendinginkan ikan agar segarnya tahan lama.

2. Sirup

Baca juga: Ini Dia 8 Jajanan Kaki Lima Halal yang Ada di Korea Selatan, Dijamin Enak!

Jajanan bermasalah lainnya yang ditemukan BPOM adalah sirop. Mustofa mengatakan sirop yang beredar di pasaran kadang mengandung pewarna yang berlebihan atau bahkan pewarna yang tidak diperbolehkan untuk makanan.

3. Jelly

Jelly atau agar-agar yang banyak dijual oleh pedagang keliling di sekitar rumah atau sekolah juga mengandung bahan-bahan yang membahayakan.

4. Bakso

Siapa yang tak menyukai penganan yang satu ini. Bakso memang tidak berbahaya atau mengganggu kesehatan jika dibeli di tempat yang terjamin kebersihannya. Tapi saat membeli bakso yang ditemui di sekolah-sekolah tentu harus berpikir ulang.

"Kalau dari segi keamanan mikrobiologi, empat makanan inilah yang paling banyak bermasalah di jajanan anak sekolah. Kalau empat ini dibereskan sudah bagus kondisi jajanannya," ujar Mustofa.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)