home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Bakteri Berbahaya Menempel di Sikat Gigi, Simak Cara Mencegahnya

Jumat, 25 September 2015 14:09 by fzhchyn | 10366 hits
Ada Bakteri Berbahaya Menempel di Sikat Gigi, Simak Cara Mencegahnya
Image source: nypost.com

DREAMERSRADIO.COM - Sikat gigi mnjadi salah satu benda paling penting untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya kesehatan mulut dan gigi. Sehingga kebersihannya pun harus diperhatikan. Jangan sampai sikat gigi yang kita gunakan sehari-hari justru membawa penyakit bagi tubuh.

Menurut Maria L. Geisinger, asisten guru besar periodontologi di School of Dentistry, Universitas Alabama, Birmingham, sikat gigi yang kita gunakan ternyata bisa mengandung bakteri berbahaya seperti Staph, E.Coli, bakteri usus, dan kuman dari feses. Hii..

Maria juga menyatakan bahwa kontaminasi bakteri ini terjadi akibat tangan yang jarang dicuci atau sikat gigi terciprat air saat menyiram toilet. Nah untuk mencegahnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti yang dilansir laman Women’s Health berikut.

1. Bersihkan sikat gigi sebelum digunakan

Sebelum digunakan, siram sikat gigi dengan air keran atau celupkan ke dalam cairan mouthwash antibakteri agar bakteri dan kuman yang ada bisa dihilangkan sebelum digunakan dan masuk ke dalam mulut kita.

2. Berkumur

Selain sikat gigi yang dibersihkan, area mulut juga perlu dibersihkan sebelum menyikat gigi. Yaitu dengan berkumur dengan mouthwash untuk mengurangi jumlah kuman yang menempel/

Baca juga: Tidak Asal Sikat, Ini Cara Membersihkan Gigi Dengan Benar

3. Posisi sikat gigi

Posisi sikat gigi saat disimpan di kamar mandi juga penting. Letakkan sikat gigi dengan posisi berdiri di tempat terbuka.

4. Pisahkan sikat gigi jika sedang sakit

Jikakebetulan sedang sakit, sebaiknya menyimpan sikat gigi milikmu terpisah dengan anggota keluarga lain. Dan setelah sembuh, ganti sikat gigi.

Secara umum, mengganti sikat gigi secara rutin setiap tiga bulan sekali adalah langkah lain untuk menjaga kebersihan. Sebagai tambahan, pergilah ke dokter gigi secara rutin, tidak berbagi sikat gigi dengan orang lain, dan cuci tangan setelah menggunakan toilet sebelum menggunakan sikat gigi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)