home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dipapar Kabut Asap, Warga Malaysia Minta Pemerintah Indonesia Ganti Rugi

Senin, 05 Oktober 2015 09:59 by fzhchyn | 1589 hits
Dipapar Kabut Asap, Warga Malaysia Minta Pemerintah Indonesia Ganti Rugi
Image source: merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Asosiasi warga Malaysia-China (MCA) di Negara Bagian Penang, Malaysia, menyerukan kepada pemerintah Negeri Jiran untuk meminta ganti rugi kepada pemerintah Indonesia karena kabut asap.

Kantor berita Bernama mengutip Ketua MCA Penang Chew Mei Fun yang mengatakan Malaysia sudah menderita sejak lama akibat kabut asap Indonesia yang terjadi saban tahun.

"Sungguh tak masuk akal mereka (Indonesia) tak bisa mengatasi masalah ini. Saya pikir kita harus meminta ganti rugi. Anak-anak tak bisa sekolah. Pada saat yang sama orang tak mau datang ke Malaysia. Bisnis kita anjlok hingga 30 persen. Juga biaya berobat melonjak karena orang banyak kena asap," kata dia kepada wartawan di George Town tadi malam, seperti dilansir Channel News Asia, Senin (5/10).

Chew yang juga menjabat sebagai Menteri Pembangunan Wanita, Keluarga, dan Komunitas, juga menyarankan kepada orangtua dan guru untuk membatasi aktivitas anak-anak di luar rumah.

Baca juga: Mirisnya Pemandangan Marina Bay Sands Terkena Kabut Asap Dari Indonesia, Apa Kabar F1 Singapura?

Sekitar dua pekan lalu sejumlah sekolah di lima negara bagian Malaysia terpaksa diliburkan karena kabut asap kian pekat. Penutupan ini berjalan sampai batas belum ditentukan.

"Catatan Index Polusi Udara Malaysia (API) mencatatkan angka 200, Semua sekolah di Selangor, Kuala Lumpur, Putrajaya, Negeri Sembilan, dan Melaka akan tutup hari ini," kata Menteri Pendidikan Malaysia Mahdzir Khalid.

Merujuk indeks API, tingkat asap 0 hingga 50 adalah baik, 51 hingga 100 adalah menengah, 101 hingga 200 dikatakan tidak sehat, 201 hingga 200 sangat tidak sehat, dan 300 ke atas adalah berbahaya.

[pan]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)