home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kobaran Api Sudah Reda, Ini yang Menyebabkan Kabut Asap Sulit Ditangani

Rabu, 07 Oktober 2015 10:00 by fzhchyn | 1864 hits
Kobaran Api Sudah Reda, Ini yang Menyebabkan Kabut Asap Sulit Ditangani
Image source: republika.c

DREAMERSRADIO.COM - Selama ini mungkin kita bertanya-tanya mengapa bencana kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap di Sumatera dan Kalimantan tak kunjung padam meski pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Rupanya hal ini dikarenakan oleh karakteristik kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera yang sangat terpusat dan titik api berada pada kedalaman tiga sampai lima meter di bawah tanah. ''Dipadamkan di atas sudah mati, ternyata di bawah itu ada rongga yang isinya bara api,'' kata Siti di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa (06/10) melansir laman Tempo.

Siti mengatakan kondisi tersebut yang menyebabkan kepulan asap masih saja terjadi padahal kobaran api sudah mereda. Menurutnya, satu-satunya cara mengatasi kebakaran hutan tersebut yakni dengan membongkar bara yang berada di dalam tanah gambut, kemudian membasahinya.

Baca juga: Usai Dikritik Netizen, Kylie Jenner Sumbang 14 Miliar untuk Kebakaran Hutan Australia

Selain itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sedang mempertimbangkan teknologi baru dalam pemadaman asap, yaitu penggunaan air yang dicampur dengan flame freeze berupa tetrahedron.

Teknologi tersebut akan membuat api padam tanpa mengeluarkan asap. Sebab asap yang keluar dari pemadaman api akan langsung berubah menjadi wujud beku. Teknologi seperti ini, pernah digunakan dalam pemadaman kebakaran hutan di Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Tengah.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)