home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk, Intip Cara Mudah untuk Atasi Insomnia

Sabtu, 10 Oktober 2015 21:30 by Dits | 2003 hits
Yuk, Intip Cara Mudah untuk Atasi Insomnia
image source: curejoy.com

DREAMERSRADIO.COM - Tidak semua orang bisa mendapatkan kualitas tidur sehat setiap hari. Berbagai masalah dan penyakit seperti insomnia seringkali jadi salah satu penghalang bagi seseorang untuk dapat memiliki tidur malam yang berkualitas.

Ciri-cirinya seseorang terkena insomnia seperti sulit tidur, bangun terlalu dini, dan tidak cukup tidur walau memiliki waktu untuk beristirahat. Meskipun bukan penyakit yang serius, namun gangguan ini tak bisa dibiarkan karena nyatanya bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

Insomnia jika dibiarkan bisa berdampak munculnya penyakit jantung dan stroke. Orang yang mengalami Insomnia umumnya mengalami mimpi buruk ketika mencoba untuk tidur. Dilansir dari Everydayhealth, jutaan orang mengalami insomnia, diperkirakan 10-30 persen manusia pada suatu waktu akan mengalami gejala insomnia. Efek yang paling jelas dari gangguan ini adalah stres dan kecemasan untuk tidur atau memulai tidur.

Meskipun ketidakmampuan untuk tidur keesokan harinya, biasanya ada perasaan stres, kecemasan, dan kelelahan selama hari berikutnya. ketidakmampuan untuk memulai atau mempertahankan tidur dan sebagai konsekuensi siklus dilanjutkan.

Efek jangka panjang dari siklus ini bisa menjadi depresi, penambahan berat badan, gangguan kerja, dan sindrom metabolik yaitu kombinasi glukosa tinggi, tekanan darah tinggi, berat badan, dan kolesterol tinggi.

Nah jika ingin terhindar dari gangguan ini, berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi Insomnia:

1. Jangan tidur di siang hari.

Baca juga: 5 Cara Terbaik Atasi Insomnia Akibat WFH

2. Buatlah kamar tidur kondusif untuk tidur dengan mematikan TV, komputer, lampu dan setiap rangsangan lain.

3. Gunakan jam alarm untuk membangunkan pada waktu yang sama setiap pagi, bahkan jika itu akhir pekan.

4. Atur jadwal tidur agar jadwal pergi dan bangun tidur sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak tetap pada siklus bangun dan tidur yang sehat. Pada waktunya, kamu akan dapat tertidur dengan nyenyak sepanjang malam.

5. Relaksasikan pikiran sebelum tidur. Redakan emosi dan juga pikiran sekitar satu jam sebelum tidur. Bacalah sesuatu yang ringan, mendengarkan musik, atau mandi air hangat untuk menenangkan pikiran.

6. Hindari minuman berkafein atau produk dan suplemen energi setelah makan siang. Selain itu, hindari minuman beralkohol, merokok, atau asupan nikotin dari sumber apapun saat dekat waktu tidur.

7. Berolahragalah 30 menit setiap hari, namun cobalah untuk berolahraga minimal 4 jam sebelum waktu berencana untuk pergi tidur.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)