home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Warga, Belasan Orangutan Juga Terkena ISPA Akibat Kabut Asap

Senin, 12 Oktober 2015 23:00 by fzhchyn | 1596 hits
Tak Hanya Warga, Belasan Orangutan Juga Terkena ISPA Akibat Kabut Asap
Image source: ANTARA

DREAMERSRADIO.COM - Kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Kalimantan telah menyebabkan kabut asap yang mengganggu sistem pernapasan warga setempat. Dan yang lebih memprihatinkan, ternyata banyak juga satwa yang ikut mengalami dampaknya.

Seperti yang dilaporkan laman Tempo, Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) menyatakan sebanyak 16 satwa orangutan di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah ikut terpapar kabut asap kebakaran hutan. Mereka ini adalah para primate orangutan yang sedang menjalani proses rehabilitasi peliharaan.

“Ada 16 orangutan kami di Kalteng yang sudah terpapar asap kebakaran hutan,” kata Staf Humas BOSF, Nico Hermanu pada Minggu (11/10) kemarin.

Nico mengatakan kebakaran hutan di Kalteng sudah berjarak 600 meter dari lokasi hutan rehabilitasi orangutan BOSF. Asap kebakaran hutan secara otomatis sudah langsung mengganggu satwa-satwa yang sedang menjalani rehabilitasi peliharaan ini. “Kabut asap masih mengganggu, kalau pagi hari kabut asap sangat tebal,” ujar Nico.

Baca juga: Mirisnya Pemandangan Marina Bay Sands Terkena Kabut Asap Dari Indonesia, Apa Kabar F1 Singapura?

Tak seperti manusia yang bisa menggunakan masker untuk terlindung dari kabut asap, orangutan tidak bisa menggunakan masker sehingga menyulitkan staf dalam hal penanganan. Sehingga BOSF terpaksa hanya bisa memberikan mereka suplemen tambahan guna melindungi orangutan dari bahaya penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Perlindungan dini ini, menurut Nico, memungkinkan agar ke depan para orangutan tetap memiliki kesehatan prima kala dilepas ke habitat aslinya. Namun, orangutan yang sakit paru-paru terpaksa tetap dipelihara di hutan-hutan rehabilitasi BOSF. “Orangutan yang sakit terpaksa dipelihara selamanya di BOSF,” ujarnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)