home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Empat Rahasia Tangkal Penyakit Di Usia Muda

Sabtu, 05 Oktober 2013 23:07 by wahyu | 8044 hits
Empat Rahasia Tangkal Penyakit Di Usia Muda
sillygrrl.com

Penyakit berat memang banyak diderita oleh usia tua. Meski demikian, hal itu bukan tanpa sebab. Pasalnya seluruh penyakit merupakan sebuah akumulasi dari pola hidupmu di waktu muda. Nah berikut rahasia penangkal penyakit yang dapat kamu lakukan.

Dilansir dari Foxnews, banyak orang yang merasa heran dengan seseorang yang lebih mudah terkena penyakit dibandingkan yang lainnya. Berbagai  studi dilakukan untuk mengetahui hal tersebut dan diketahui ada  beberapa rahasia untuk mencegahnya.

1. Pergi dengan teman-teman untuk mendapat udara segar

Tinggal didalam rumah dapat melindungi kita dari penyakit. Tapi jika ada seseorang yang sakit, maka virus dan bakteri lebih mudah menular satu dengan yang lainnya, karena kontaknya lebih mudah terjadi di dalam ruang tertutup.

Untuk itu tak ada salahnya pergi bersama teman-teman menikmati udara segar, selain menyenangkan juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini akan meningkatkan sel-sel pembunuh alami, neutrofil dan monosit yang nantinya meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Relaksasi untuk menangkal pilek

Hal ini karena tekanan yang terjadi bisa meningkatkan kerentanan orang terkena flu yang dalam jangka panjang bisa mengeluarkan hormon stres yang ada seperti glukokortikoid. Hal ini menghambat kemampuan tubuh memproduksi sel-sel molekul yang disebut dengan sitokin yang memicu respons melawan penyakit.

Baca juga: Yuk Simak Tips Menikmati Hutan Kota Seoul yang Asri nan Indah

Karena itu relaksasi diperlukan untuk mengurangi tekanan atau stres yang dialami seseorang, sehingga tubuh memproduksi sitokin yang cukup untuk melawan penyakit dan meningkatkan kekebalan.

3. Rajin mencuci tangan dengan sabun

Sebagian besar penyakit akibat virus dan bakteri bisa menyebar dengan mudah melalui sentuhan jari yang nantinya megang mata, hidung atau mulut. Karenanya mencuci tangan pakai sabun menjadi cara yang paling efektif sebagai bentuk pencegahan.

Dana Simpler, MD dari Mercy Medical Center di Baltimore menuturkan sebaiknya gunakan sabun selama 20 detik sebelum dibilas lalu pastikan sampai benar-benar kering, karena tangan yang basah jauh lebih mungkin menyebarkan bakteri dibanding tangan kering.

4. Memiliki pola tidur yang teratur

Umumnya pada usia muda, kita tak menyadari bahwa pola tidur yang dilakukan tidak teratur. Selain itu memiliki waktu tidur yang tidak nyenyak secara terus menerus bisa menghambat kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi optimal. Meski kebutuhan tidur tiap orang berbeda-beda, tapi sebaiknya sekitar 6-7 jam dan tidak terbangun di tengah malam. (way)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)