home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tembakan Rudal Rusia Resmi Jadi Penyebab Jatuhnya Malaysia Airlines MH17

Rabu, 14 Oktober 2015 10:28 by fzhchyn | 1823 hits
Tembakan Rudal Rusia Resmi Jadi Penyebab Jatuhnya Malaysia Airlines MH17
Image source: AP

DREAMERSRADIO.COM - Selama lebih setahun dilakukan penyelidikan, akhirnya penyebab jatuh dan hancurnya pesawat Malaysia Airlines MH17 resmi diumumkan. Badan Keselamatan Belanda secara resmi telah mengesahkan bahwa pesawat MH17 ditembak jatuh di Ukraina timur dengan rudal BUK buatan Rusia.

Pada Selasa (13/10), Badan Keselamatan Belanda menyampaian laporan final tentang kecelakaan yang menewaskan 298 penumpang dan kru tresebut.

Namun hasil investigasi tersebut tidak menyebutkan siapa yang meluncurkan rudal pada 17 Juli 2014 silam, saat pesawat itu dalam perjalanan dari Amsterdam menuju ke Kuala Lumpur, seperti mengutip laman Tempo.

Ketua Badan Keselamatan Belanda Tjibbe Joustra mengatakan rudal itu diluncurkan dari area seluas 320 kilometer persegi. "Pesawat itu hancur dengan serpihan tersebar seluas 50 kilometer persegi," ucap Joustra, seperti dilansir BBC pada Selasa (13/10).

Dalam laporan itu, Joustra juga mengkonfirmasi bahwa tiga awak pesawat tewas di dalam kokpit terkena serpihan rudal tersebut. Joustra juga membantah asumsi bahwa ada bom di dalam pesawat, serangan ke udara, atau tabrakan meteor.

Baca juga: 5 Tahun Berlalu, Lima Teori Konspirasi Ini Masih Menghantui Hilangnya Pesawat MH370

"Serpihan berdampak tinggi dari rudal ditemukan dalam tubuh awak kapal yang tewas dalam kokpit. Serpihan juga ditemukan di dalam kokpit yang terdeteksi melalui cat yang dikaitkan dengan bagian depan BUK," ujarnya.

Joustra juga menegaskan, pemerintah Rusia telah menolak dan memprotes hasil investigasi tersebut. "Namun Badan Keselamatan menolak protes itu. Badan Keselamatan sudah mengkaji sedalam-dalamnya komentar yang diberikan Federasi Rusia," tuturnya.

Masukan protes Rusia itu dilampirkan dalam laporan tersebut. Laporan itu juga berisi peta lokasi pesawat jatuh. Bangkai pesawat itu tersebar di daerah dekat perkampungan Garabovo di Ukraina timur yang dikendalikan kelompok separatis pro-Rusia.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)