home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berpetualang di Toko Buku Termegah di Dunia

Minggu, 18 Oktober 2015 19:00 by reinasoebisono | 2388 hits
Berpetualang di Toko Buku Termegah di Dunia
Image source: Dream.co.id

DREAMERSRADIO.COM - El Ateneo Grand Splendid di Buenos Aires, Argentina menyandang status sebagai toko buku termegah di dunia. Toko buku ini sebenarnya merupakan bekas gedung teater di masa lalu. Kini wajah bangunan ini telah berubah 180 derajat dari semula. Tak lagi berisikan kursi-kursi penonton melainkan penuh dengan rak dan buku-buku.

Bangunan megah ini sudah ada sejak awal abad ke-20, tepatnya dibangun pada tahun 1920. Tak hanya megah, bangunan ini juga berarsitektur indah. El Ateneo Splendid telah beberapa kali mengalami perubahan fungsi.


Image source: uruguay-foto.com

Setelah digunakan sebagai gedung teater, bangunan ini kemudian dimanfaatkan sebagai bioskop. Kala itu, bioskop ini menjadi yang paling canggih di mana telah dilakukan pemutaran film bersuara pertama di Argentina.

Keberadaan bioskop tak bertahan lama. Krisis ekonomi yang melanda Argentina di tahun 1991 memaksa pengelola menutup gedung ini. Akhirnya, bangunan ini terbengkalai cukup lama dan rencananya akan dibongkar. Namun rencana itu urung dilakukan karena di tahun 2000 seorang pemilik perusahaan penerbit Ilhsa Group membelinya.



Image source: uruguay-foto, Amusing Planet

Mereka pun merenovasi bangunan itu dan mengubahnya menjadi sebuah toko buku dan musik. Tempat duduk bioskop telah disingkirkan dan diganti dengan rak buku. Namun sebagian besar detail arsitekturnya tetap dipertahankan termasuk langit-langit gedung yang dilukis begitu indahnya.

Selain itu, pilar-pilar pahatan dan tirai panggung pertunjukan juga dipertahankan. Tetapi panggungnya telah disulap menjadi ruang membaca yang nyaman.

Karena kemegahan dan keindahan arsitekturnya, El Ateneo Grand Splendid menjadi magnet bagi 1 juta pengunjung tiap tahunnya. Tak hanya untuk berbelanja buku, sebagian besar turis yang datang ingin menikmati kemegahan dan keindahan arsitekturnya.

(Ism, Sumber: Amusing Planet)

Baca juga: Berkunjung ke Perpustakaan Unik nan Instagramable, Arc N Book

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)