home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Takut Menggigil! Mandi Air Dingin Miliki Banyak Manfaat

Selasa, 27 Oktober 2015 23:00 by fzhchyn | 2934 hits
Jangan Takut Menggigil! Mandi Air Dingin Miliki Banyak Manfaat
Image source: today.com

DREAMERSRADIO.COM - Jika bukan untuk mengusir rasa gerah karena cuaca yang benar-benar panas, mungkin mandi dengan air dingin menjadi pilihan yangterakhir. Orang cenderung memilih suhu sedang atau hangat yang bisa menenangkan.

Tapi jika untuk meningkatkan manfaat pada tubuh, para ahli lebih menyarankan untuk mandi air dingin. Suhu air yang direkomendasikan adalah 15 derajat Celcius atau di bawahnya, setara dengan dinginnya air kolam.

Tapi apa sebenarnya manfaat yang dihasilkan dari mandi air dingin ini? Berikut adalah beberapa diantaranya seperti melansir laman Women’s health Mag.

1. Mencerahkan suasana hati

“Hidroterapi dengan air dingin dapat meningkatkan beta-endorphin dan noradrenalin dalam darah, yang selanjutnya bisa memiliki efek anti-depresan pada mood atau suasana hati,” kata Sheenie Ambardar, MD, seorang psikiater asal Beverly Hills.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses juga menemukan bahwa mandi dengan air dingin selama 2-3 menit selama 2 minggu bisa mendorong suasana hati.

2. Meredakan nyeri otot

Mandi dengan air dingin setelah olahraga bisa memulihkan nyeri otot, kata Henry Halse, seorang spesialis strength and conditioning di Philadelphia. Jika merasa sakit dibagian otot tertentu, Halse menyarankan untuk mengarahkan shower ke bagian tersebut selama lima menit.

Baca juga: Ahli Dermatologi Wajibkan Masyarakat Harus Tetap Mandi Walaupun Pergi Sebentar

3. Kulit semakin cantik

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kecantikan dari air dingin adalah dengan membersihkan tubuh dengan air hangat terlebih dahulu. Setelah semua kotoran hilang dan bersih, baru mandi dengan air dingin.

Menurut Neal Schultz, MD, dermatolog di New York City, mandi air dingin bisa mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori, serta mengurangi bengkak pada mata. Dan tak hanya kulit menjadi halus dan cerah, saat menggunakan makeup, aplikasinya pun semakin mudah.

4. Rambut berkilau

Kutikula pada rambut bisa mengering jika disiram dengan air hangat sehingga membuat rambut memiliki banyak masalah. Julia Tzu, pendiri dan direktur medis dari Wall Street Dermatology menyarankan untuk membilas rambut dengan air dingin setelah menggunakan conditioner. Efeknya, rambut akan menjadi lebih berkilau dan halus karena folikel rambut kembali rata dan kelembabannya terkunci.

5. Mengatasi stres

Menurut Tzu, air dingin yang mengalir di wajah dapat membantu relaksasi dan memperlambat detak jantung yang cepatakibat stres.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)