home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Serba Instan dan Tak Mahir Berbahasa Jadi Kelemahan Anak Muda Saat Ini

Kamis, 05 November 2015 12:00 by fzhchyn | 1785 hits
Serba Instan dan Tak Mahir Berbahasa Jadi Kelemahan Anak Muda Saat Ini
Image source: stopabuseca

DREAMERS.ID - Semakin berkembangnya zaman, kehidupan dan tantangan yang dihadapi manusia pun mengalami perubahan. Apalagi di era teknologi yang semakin canggih seperti sekarang membuat setiap hal mudah dilakukan.

Namun di antara semua kemudahan itu, seorang pakar komunikasi Erwin Perengkuan menyebutkan bahwa ada dua tantangan dan kelemahan yang dihadapi masyarakat saat ini, khusunya bagi generasi muda.

Melansir laman CNN Indonesia, Erwin menyatakan bahwa kelemahan generasi muda yang pertama adalah kebiasaan menyukai hal yang serba instan. "Tantangan anak muda zaman sekarang, ada sebagian yang inginnya cepat. Mereka menginginkan hasil akhirnya saja," kata Erwin.

Dalam hal ini, Erwin menyontohkan bagaimana anak muda saat ini melihat sosok penulis Raditya Dika. Menurutnya, banyak anak muda yang ingin menjadi sukses seperti Dika, tapi mereka tidak mau mengetahui bagaimana proses mencapai sukses itu. Mereka cenderung hanya mengikuti dan melalui pola perjalanan karier Dika yang bisa mereka lihat saja.

"Tendensinya hanya melihat dari kulit luarnya saja. Tidak mau nyemplung, berdarah-darah, dan jungkir balik," ujar Erwin. "Anak muda yang seperti ini yang harus dituntut mencintai sebuah proses."

Baca juga: Mengenal Generasi X, Y, Z yang Belakangan 'Digaungkan' Presiden Jokowi, Kamu Masuk yang Mana?

Selain itu, Erwin juga menyebutkan bahwa kendala berbahasa menjadi salah satu kelemahan dan tantangan yang dihadapi anak muda masa kini.

Bahasa Indonesia yang sering dicampur-campur dengan bahasa tidak baku menjadi lumrah dan justru dipakai terus-menerus. Contohnya, seperti membedakan kita dan kami. Erwin mengatakan masih banyak orang yang belum bisa membedakan terminologi sederhana itu. 

"Kita dan kami konteksnya sudah kacau. Orang yang sudah dewasa dan berasal dari kalangan eksekutif saja masih kebingungan membedakannya. Penyiar radio juga salah," kata Erwin.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)