home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selain Makan Berlebihan, Ternyata Beberapa Hal Ini Juga Bikin Gemuk!

Kamis, 12 November 2015 14:10 by fzhchyn | 1903 hits
Selain Makan Berlebihan, Ternyata Beberapa Hal Ini Juga Bikin Gemuk!
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Kegemukan memang bisa terjadi karena pola makan yang tidak teratur atau berlebihan sehingga sel-sel lemak tercipta dan menumpuk di beberapa bagian tubuh. Sehingga untuk mendapatkan bobot tubuh yang ideal kembali, mereka cenderung melakukan diet atau membatasi asupan makanan.

Padahal, penyebab kegemukan tidak hanya berasal dari asupan makanan, banyak hal lainnya yang membuat seseorang mengalami kegemukan. Berikut adalah beberapa di antaranya, mengutip laman Mag for Woman.

1. Kurang tidur

Proses metabolisme tubuh dapat bekerja dengan baik jika tubuh kita cukup beristirahat. Jika kurang istirahat, tubuh dapat mengalami stres yang mengakibatkan reaksi kimia dalam tubuh meningkat, hal ini akan merangsang timbulnya nafsu makan. Cobalah tidur sekitarnya 8 jam dalam sehari.

2. Tidur dengan lampu menyala

Bagi kamu yang biasa tidur dengan lampu menyala baiknya menghindari hal ini. Karena ternyata tidur dalam keadaan terang dapat memicu kegemukan. Hal ini dijelaskan dalam jurnal Proceedings of The National Academy Sciences. Bahwa cahaya terang dari lampu dimalam hari mempengaruhi berat badan tubuh.

3. Efek samping obat

Baca juga: Aktris Ini Dibayar Mahal untuk Tetap Gemuk

Efek setiap obat memang berbeda-beda bagi siapapun yang mengonsumsinya. Ada yang dapat menimbulkan efek ngantuk, meningkatkan nafsu makan, mengubah gula darah menjadi lemak, dan sebagainya. Jika malah menambah nafsu makan, coba konsultasikan dengan dokter untuk obat yang lebih cocok.

4. Waktu makan terganggu aktifitas lain

Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan sambil bekerja di depan komputer, bermain video game atau aktifitas lain cenderung makan dengan cepat dan mengkonsumsi banyak kalori, kurang kenyang, serta akan makan dua kali lipat pada waktu makan berikutnya dibandinkan dengan memiliki waktu makan yang tidak terganggu aktifitas lain. Jadi saat makan sebaiknya hanya duduk dan nikmati apa yang sedang dimakan.

5. Stres

Stres ternyata juga dapat menjadi faktor penunjang kenaikan berat badan. Jika mengalami stres, beberapa orang memiliki kecenderungan untuk lari pada makanan. Hal ini dikarenakan makanan, terutama yang mengandung unsur karbohidrat tinggi, dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak, sehingga timbul efek menenangkan. Jika stres melanda,coba alihkan perhatian kepada hal lain selain makanan, contohnya adalah dengan berolahraga.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)