home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Picu Kegemukan, Hindari Makan di Jam-jam Kritis Ini!

Senin, 16 November 2015 23:00 by fzhchyn | 3762 hits
Picu Kegemukan, Hindari Makan di Jam-jam Kritis Ini!
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Banyak hal yang dapat mempengaruhi kegemukan pada seseorang. Selain porsi makan, ternyata waktu juga berpengaruh lho. ada jam-jam tertentu yang membuat orang cenderung untuk makan lebih banyak.

Melansir laman Men’s Health, ini adalah jam-jam kritis yang membuat orang mengkonsumsi makanan lebih banyak dari yang dibutuhkan.

1. Jam 8 Pagi

Beberapa orang menganggap sarapan hanya dengan segelas susu atau satu buah pisang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energi. Padahal, saat pagi hari otak lebih banyak membutuhkan energi untuk berpikir sehingga tubuh perlu asupan karbohidrat yang cukup agar bisa fokus sampai jam makan siang.

Alexandra Caspero seorang ahli gizi asal Amerika Serikat mengatakan bahwa roti gandum dengan isi telur cukup untuk memenuhi kebutuhan energi hingga makan siang. Terlebih karena gandum merupakan karbohidrat kompleks, maka sarapan akan membuat perut tidak cepat lapar.

2. Jam 10 Pagi

Menjelang tengah hari otak pun mulai kekurangan energi. Saat  itu banyak orang berpikir untuk minum kopi. Padahal kelebihan kafein berisiko menyebabkan peningkatan kada gula darah secara drastis, lalu turun secara tiba-tiba sehingga rasanya menjadi cepat lapar. Solusinya adalah membatasi konsumsi kafein agar jangan berlebihan, cukup antara 1 atau 2 cangkir kopi saja.

Baca juga: Kata Siapa Makan Malam Membuat Gendut? Justru Membuat BB Jadi Turun dan Sehat

3. Jam 12:30 Siang

Pada  waktu tersebut perut mulai terasa lapar sehingga otak tidak mampu berpikir panjang bahkan sekedar untuk memilih menu makanan yang sehat. Kecenderungannya adalah mencari makanan yang sesegera mungkin bisa memuaskan rasa lapar, meski ternyata membuat perut cepat lapar lagi.

Solusinya adalah membawa bekal dari rumah, yang disiapkan pada pagi hari ketika otak masih bisa berpikir jernih untuk memilih nutrisi dan jenis karbohidrat yang sehat.

4. Jam 15:30 Sore

Lapar dan kelelahan adalah musuh utama orang-orang pada jam-jam antara makan siang hingga sore hari. Beberapa orang menyiasatinya dengan camilan, namun tidak semuanya sehat karena kebanyakan hanya mengandung gula yang efeknya dalam mengganjal rasa lapar tidak bertahan lama. Makanan ringan dengan kandungan protein yang tinggi lebih cocok untuk dikonsumsi pada saat-saat tanggung seperti itu.

5. Jam 8 Malam

Kemudian pada pukul delapan malam, kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang di malam hari adalah ngemil sambil nonton televisi. Kalau tidak ingin cepat gemuk, hentikan kebiasaan ini atau paling tidak gantilah camilan tidak sehatmu dengan berondong jagung (pop corn) yang dimasak tanpa minyak atau mentega.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)