home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Rumah Ini Dibangun Tanpa Paku dan Tali

Senin, 10 Desember 2012 15:00 by citra09 | 4719 hits
Wah, Rumah Ini Dibangun Tanpa Paku dan Tali
bloggers.com

Coba bayangkan bagaimana jika rumah yang kita tempati dibangun tanpa menggunakan paku dan tali. Kira-kira akan berdiri dengan kokoh nggak yaa? Yap! Ternyata hal ini mungkin saja terjadi. Karena, di Jepang ada yang seperti ini.

Kota Sakai, Jepang, punya banyak bangunan bersejarah yang cukup menarik. Salah satunya adalah rumah Tamaguchi yang berumur 400 tahun. Rumah ini dibangun tanpa paku dan tali. Tamaguchi Residence dibangun pada tahun 1615 pada masa Kekaisaran Edo. Bangunan itu dibuat setelah terjadi perang sipil di Osaka, Jepang.

Sejak pertama berdiri, bangunan itu sudah tiga kali direnovasi. Pertama pada tahun 1775, untuk membangun tempat persediaan makanan. Lalu pada tahun 1800 ketika membangun ruangan lain di bagian utara. Renovasi terakhir dilakukan pada tahun 1970 guna mengganti atap yang kerap bocor. 

Baca juga: Unik! Rumah Ini Dibangun Tanpa Paku dan Tali

Meski pernah direnovasi, namun semua rangka bangunannya ternyata masih asli. Kayu-kayu bangunan ini hanya saling bertumpu tanpa bantuan paku dan tali untuk menyatukannya. Menurut cerita, rumah itu bisa bertahan selama ini karena strukturnya yang sangat kuat. Kayu-kayu penyangganya diambil dari bahan kualitas terbaik.

Kini, rumah tersebut sudah dijadikan museum, dan museum ini tidak pernah sepi dari wisatawan yang berkunjung. Tiket masuknya 200 Yen (sekitar Rp 25.000). Museum ini buka mulai pukul 10.00 hingga 16.00 waktu Sakai. Khusus orang tua di atas 65 tahun dan anak-anak di bawah 15 tahun, tak dipungut biaya apa pun alias gratis.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)