home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hanya Perlu Nutrisi, Bagaiman Rasa Makanan Astronot di Luar Angkasa?

Rabu, 18 November 2015 23:00 by fzhchyn | 3572 hits
Hanya Perlu Nutrisi, Bagaiman Rasa Makanan Astronot di Luar Angkasa?
Image source: youtube.com

DREAMERS.ID - Berbagai menu di yang ada di dunia ini mungkin bisa kamu rasakan. Tapi seperti apakah menu makanan untuk para astronot di luas angkasa? Uniknya lagi, ternyata indra penciuman mereka tidak berfungsi selama mereka melayang di luar angkasa.

Dilansir dari Psfk, Food Space Systems Laboratory (SFSL) merupakan bagian NASA yang bertanggung jawab untuk menyiapkan makanan bagi para astronot. Tugas mereka sepertinya tak begitu menantang pasalnya indra penciuman dan perasa menjadi sangat berkurang ketika berada di ruang hampa udara. Hal itu karena hampa udara memberikan efek samping pada tubuh manusia, termasuk kepadatan tulang.

Dalam teori dijelaskan alasan manusia kehilangan indra perasa ketika berada di luar angkasa. Tubuh manusia dan benda lainnya tidak memiliki gaya berat. Hal ini menyebabkan tubuh manusia mempertahankan cairan di wajah dan kepala sehingga menyebabkan perasaan sesak dan tidak dapat merasakan rasa apapun, sama seperti ketika manusia kedinginan.


Image source: foodbeast.com

Disinilah tugas SFSL merancang cara menyimpan makanan sehingga bisa bertahan lama di lingkungan asing. Makanan ini dipersiapkan dengan kualitas tinggi. Makanan yang telah dipaketkan mengandung nutrisi cukup tinggi, mudah dihidangkan, dan bisa dikonsumsi dilingkungan hampa udara.

Makanan dan minuman yang dibawa ke ruang angkasa harus ringan, dikemas dengan baik, dan tidak membutuhkan energi untuk membersihkan. Jadi makanan yang akan meninggalkan remah-remah tidak cocok dibawa ke luar angkasa.

“Misi SFSL adalah menyediakan sistem makanan berkualitas tinggi yang nyaman, cocok dengan tuntutan psikologi dan fisiologis kru astronot, memenuhi persyaratan penyimpanan pesawat ruang angkasa dan dapur pesawat antariksa, dan mudah disiapkan dan dimakan di ruang hampa udara,”  tulis SFSL dalam laman resminya.

 

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)