home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kesalahan Poster Waspada HIV Buat Heboh Netizen

Jumat, 20 November 2015 19:37 by reinasoebisono | 2656 hits
Kesalahan Poster Waspada HIV Buat Heboh Netizen
Image source: BBC

DREAMERS.ID - Sebuah kesalahan informasi yang dianggap cukup fatal terjadi karena bisa menyebabkan salah persepsi. Sebuah poster himbauan penyakit HIV AIDS yang dipasang di stasiun-stasiun kereta api dan commuter line mengalami kesalahan cetak.

Seharusnya kampanye itu berbunyi 'HIV tidak menular melalui...," dan bukan 'menular melalui...' Poster tersebut mengatakan jika HIV dapat menular lewat gigitan nyamuk, berenang dan makan bersama, keringat, dan bersin. Padahal kenyataannya adalah sebaliknya.


Image source: BBC

Namun hal ini telah diklarifikasi dan pihak Kemenkes meminta maaf melalui akun Twitter resmi Kementrian. Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Muhammad Subuh mengatakan, kekeliruan tersebut disebabkan "salah cetak".

"Mereka alpa mencetak kata 'tidak'. Itu murni kekeliruan," ujarnya kepada kantor berita AFP melalui laman BBC.

Baca juga: Drama Hello, Me! Rilis Poster Kim Young Kwang dan Choi Kang Hee

Hal ini pertama kali diketahui dan disebarkan ke media sosial oleh Rahman Seblat yang juga fasilitator Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI). Posting-an kekeliruan poster tersebut langsung menjadi viral di sosial media.

Walaupun banyak yang mengeluh lembaga sebesar Kementrian Kesehatan bisa kecolongan dengan alasan pihak percetakan tidak menunjukkan poster sebelum dipasang, Kemenkes tetap dipuji karena bergerak cepat dengan langsung menurunkan seluruh poster keesokan harinya.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Muhammad Subuh juga mengatakan jika kontroversi ini justru dianggap suatu berkah karena berarti masyarakat tanggap dan ada kemajuan dalam kesadaran masyarakat terhadap HIV.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)