home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Air, Makanan Ini Juga Bisa Cukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Senin, 23 November 2015 16:04 by fzhchyn | 1749 hits
Tak Hanya Air, Makanan Ini Juga Bisa Cukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh
Image source: taste.com.a

DREAMERS.ID - Dehidrasi menjadi masalah yang kadang tidak dihiraukan oleh banyak orang. Padahal kekurangan cairan dalam tubuh dapat memjadi pemicu berbagai masalah kesehatan seperti pusing, sakit kepala, kurang fokus, dan lainnya.

Dan untuk menjaga kadar air dalam tubuh, kita memang diharuskan untuk meminum jumlah air yang cukup setiap harinya. Tapi kadang kita malas atau terlalu sibuk sampai lupa minum air putih. Tidak suka atau bosan dengan air putih pun bisa menjadi alasan lain kenapa kamu kurang minum air putih.

Padahal tanpa kamu sadari, asupan cairan untuk tubuh itu bukan hanya dari mengkonsumsi air putih lho. Banyak jenis makanan lain yang bisa kamu jadikan sebagai sumber untuk mendapatkan cairan, seperti yang dilansir Daily Mail berikut.

1. Mentimun

Mentimun menduduki posisi pertama makan yang mengandung banyak air dengan kandungan 97%. Mentimun juga menjadi sayuran yang sangat istimewa karena rasanya yang ringat sehingga cocok dikombinasikan menjadi beragam varian menu.

2. Lobak

Kandungan air dalam lobak mencapai 95% dan membuat sayuran yang tergolong umbi ini menjadi sumber cairan yang baik. Rasanya yang manis dan pedas bisa dibuat salad atau kimchi.

3. Tomat

Baca juga: Penjelasan Ahli Soal Resiko Penularan Virus COVID-19 Saat Beli Makanan Online

Selain kandungan airnya yang banyak yaitu mencaai 94,5%, tomat juga bisa dijadikan sebagai bahan tambahan untuk beragam makanan, seperti sup, saus, salad, sampai sandwich. Bahkan yang lebih baik adalah menjadikan tomat ceri atau tomat anggur sebagai snack.

4. Paprika hijau

Paprika atau capsium memiliki berbagai warna; merah, oranye, kuning, dan hijau. Masing-masing memiliki manfaat tersendiri, tapi paprika yang berwarna hijau memiliki kandungan air yang lebih tinggi dibanding yang lain, yaitu 94% sementara yang merah, oranye, dan kuning hanya 92%.

5. Semangka

Buah yang satu ini memang tidak perlu lagi ditanyakan kandungan kandungan airnya. Bukan tanpa alasan kenapa semangka memiliki nama asing watermelon, karena buah ini memiliki kandungan air sebanyak 92%. Menyantapnya bisa dimakan langsung, dijus, atau dijadikan salad buah.

6. Jeruk bali

Jenis buah jeruk yang satu ini memiliki keunikan rasa tersendiri. Meski terkenal karena ukurannya yang besar, tapi jeruk bali punya rasa asam, tebal, dan pahit yang sulit dibandingkan. Para peneliti bahkan menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi jeruk bali dapat menurunkan berat badan, karena dapat menstabilkan kadar gula dan lipid profile. Untuk kandungan airnya, buah ini mencapai 90,5%.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)