home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

PT KAI Segera Luncurkan ‘Rail Clinic’, Kereta Pelayanan Kesehatan

Kamis, 26 November 2015 10:12 by fzhchyn | 2158 hits
PT KAI Segera Luncurkan ‘Rail Clinic’, Kereta Pelayanan Kesehatan
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal meluncurkan kereta khusus untuk pelayanan kesehatan dalam waktu dekat. Kereta yang dinamakan Rail Clinic ini merupakan hasil modifikasi dari dua rangkaian Kereta Rel Diesel (KRD).

EVP Balai Yasa Yogyakarta Eko Purwanto mengatakan Rail Clinic merupakan kereta pelayanan khusus kesehatan pertama di Indonesia. "Mungkin ini di Indonesia yang pertama kali, karena ini kereta khusus, dulu pernah ada tapi kereta atau gerbong yang dirangkaikan di kereta api kepresidenan," kata Eko di Balai Yasa Yogyakarta, Rabu (25/11).

Menurut Eko, pembuatan kereta ini hanya memakan waktu kurang lebih satu bulan. Dijelaskan dia, jika Rail Clinic ini dulunya KRD yang dioperasikan di wilayah DAOP 2 Bandung.

Lantaran dianggap tidak layak untuk beroperasi kembali, maka KRD ini pun dimodifikasi. Hanya dengan dua kereta, Rail Clinic ini pun dimodif layaknya ruang pelayanan kesehatan rumah sakit.

Pada kereta pertama didesain sebagai ruang pelayanan untuk melakukan pemeriksaan umum sampai pemeriksaan gigi dan mata. Sedangkan kereta kedua, diubah menjadi kamar atau tempat istirahat bagi pasien (masyarakat yang sakit).

Baca juga: Ayo Catat, GeNose Tak Lagi Berlaku Sebagai Syarat Perjalanan Kereta Jarak Jauh!

"Ini sebenarnya permintaan dari teman-teman medis di KAI, makanya kita buatkan, nanti pelayanan di Rail Clinic ini juga dari teman-teman medis kami," jelasnya.

Eko mengatakan Rail Clinic ini beroperasi sesuai dengan misi yang menjadi program perusahaan. Salah satunya, Rail Clinic akan dikirimkan ke beberapa stasiun terpencil di wilayah pulau Jawa untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat. "Bahkan kita bisa layani persalinan, jadi yang ingin melahirkan di kereta, silakan, biar nanti bisa ada ceritanya," terang dia.

Diklaim Eko, jika Rail Clinic merupakan bukti PT KAI terus menciptakan inovasi baik guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Bahkan, untuk memberikan rasa nyaman kepada para pengguna kereta api, PT KAI akan terus berinovasi baik dari sisi teknologi ataupun fasilitas-fasilitas lain.

[hhw]

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)