home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kalah dengan Thailand, Makanan Halal dari Indonesia Belum Bisa Diterima Beberapa Negara

Kamis, 26 November 2015 12:34 by fzhchyn | 1948 hits
Kalah dengan Thailand, Makanan Halal dari Indonesia Belum Bisa Diterima Beberapa Negara
Image source: republika.c

DREAMERS.ID - Mengingat bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk Muslim terbesardi dunia, kita pasti berpikir kalau Indonesia bisa menjadi produsen makanan Halal terbesar. Tapi nyatanya, makanan berlabel Halal dari Indonesia masih belum bisa diterima di beberapa negara.

Arie Parikesit, seorang pakar kuliner mengatakan bahwa Indonesia masih kalah dibandingkan Thailand sebagai produsen makanan Halal. "Padahal di Thailand, penduduk muslimnya hanya 10 persen dari sekitar 5 atau 6 juta, tidak banyak dibandingkan dengan Indonesia. Tapi Thailand sudah menjadi pusat makanan halal terbesar di dunia dengan sasaran utama Timur Tengah, Pakistan, dan Inggris," katanya pada Selasa (24/11) mengutip CNN.

Menurut Arie, salah satu hal yang menghambat Indonesia merebut posisi tersebut dikarenakan standar Halal di Indonesia tidak sama di beberapa negara. Misalnya saja di negara-negara persemakmuran, mereka akan memilih makanan halal dari negara persemakmuran lainnya dibandingkan dengan negara-negara lain.

Baca juga: Restoran IKEA dan Kafe Kini Sudah Halal MUI, Intip Deretan Menu Favoritnya

Hal sama diungkapkan oleh pakar kuliner Tendi Naim dengan mencontohkan Malaysia yang makanan Halalnya lebih maju karena memiliki latar belakang sebagai negara persemakmuran. "Ada proses pengecekannya. Enaknya Malaysia negara commonwealth, jadi punya standar yag sama. Kalau kita kan mungkin ada faktor politis lainnya yang mungkin kita tidak tahu," kata Tendi.

Tendi mengatakan bahwa untuk mendapatkan label Halal pada makanan, ada proses panjang yang harus dilalui, mulai dari pemilihan bahan sampai pengemasan. Cara mendapatkan bahan pun dinilai, apakah dilakukan melalui proses transaksi yang Halal atau tidak.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)