home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Rugikan Para Idola, Inikah Penyebab Hadirnya 'Sasaeng Fans' di Korea?

Jumat, 27 November 2015 14:06 by fzhchyn | 5058 hits
Sering Rugikan Para Idola, Inikah Penyebab Hadirnya 'Sasaeng Fans' di Korea?
Image source: tvN

DREAMERS.ID - Saat berbicara mengenai industri hiburan dan para pelaku seni alias artis, selebriti, atau idola, kehadiran penggemar pasti tak bisa dipisahkan. Berbagai bentuk dukungan diberikan oleh fans untuk sang idola, mulai dari membeli karya aslinya sampai memberikan hadiah.

Khususnya dalam budaya K-Pop, kita semua pasti pernah mendengar istilah sasaeng fans. Penggemar yang begitu fanatik akan idola mereka ini kerap melakukan hal-hal yang mengganggu bahkan melukai idola.

Tak sedikit idola K-Pop yang mengeluhkan ulah sasaeng fans yang merugikan seperti menerobos masuk rumah atau apartemen, meng-hack akun media sosial mereka, mengambil foto di bukan tempat umum, dan banyak lagi.

Dan tak hanya itu, sasaeng fans juga kadang rela melakukan apapun untuk sang idola, seperti menunggu selama berjam-jam di luar rumah ‘bias’ di tengah hujan dan panas, menguntit bahkan mengejar mobil idola mereka.

Mungkin pertanyaan yang sering terbersit di pikiran fans normal atau mereka yang tidak tinggal di Korea adalah, “Bagaimana mereka (sasaeng fans) bisa mengetahui alamat rumah idola?”, “Bagaimana mereka tahu idola mereka akan pergi ke mana?”

Baca juga: Jungkook BTS Beri Peringatan Terhadap Sasaeng yang Kirim Makanan ke Rumahnya

Sebenarnya, tidak ada yang salah jika seorang fans ingin mengetahui tentang idolanya. Itu adalah suatu hal yang sangat normal sebagai seorang fans. Misalnya saat sedang menggelar konser atau fanmeeting, para idola biasanya memberikan fanservice untuk membuat penggemar merasa dekat dengan mereka.

Saat sudah mengetahui sedikit kepribadian sang idola melalui fanmeeting atau program reality show, pasti banyak fans yang penasaran dengan bagaimana kehidupan pribadi mereka. Penggemar normal, biasanya hanya berhenti pada titik penasaran mereka. Tapi bagi sasaeng fans, rasa penasaran tersebut biasanya dilanjutkan dengan sebuah tindakan.

Melansir Soompi, salah satu hal yang menjadi kunci kenapa budaya sasaeng fans ini masih saja sering terjadi adalah karena mudahnya akses. Korea adalah negara yang sangat kecil, kita bisa menjelajah dari utara ke selatan Korea dengan mobil dan hanya butuh waktu empat setengah jam.

Selain itu, para idola di Korea juga cenderung tinggal seperti warga biasa, tak seperti selebriti Amerika yang kebanyakan tinggal di apartemen mewah dengan keamanan 24 jam. Jadi meskipun tampak menakjubkan bahwa sasaeng fans bisa masuk komplek apartemen, sebenarnya itu hal yang sangat sederhana seperti kamu mencari gedung apartemen lalu masuk.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)