home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanpa Obat, Kamu Bisa Sembuhkan Flu dengan Langkah Ini

Senin, 30 November 2015 12:09 by fzhchyn | 1519 hits
Tanpa Obat, Kamu Bisa Sembuhkan Flu dengan Langkah Ini
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Flu adalah salah satu penyakit yang paling sering melanda, apalagi di musim penghujan seperti sekarang. Jika sudah begini, pasti kita akan langsung mengkonsumsi obat flu atau datang ke dokter untuk menyembuhkannya.

Namun, biasanya obat flu bisa membuat kita mengantuk dan jika terlalu sering mengkonsumsi antibiotik, tubuh akan kebal terhadap antibiotik. Nah untuk mengurangi konsumsi obat,  ada beberapa cara untuk menyembuhkan flu seperti yang dilansir dari Bold Sky.

1. Hirup uap air

Salah satu keluhan saat flu adalah hidung yang tersumbat. Hal ini bisa diatasi dengan menghirup uap air. Caranya, ambil sebaskom air hangat, lalu tutupi kepala dengan handuk dan dekatkan wajah ke baskom air hangat tersebut. Hirup dalam-dalam uap air dan lakukan berulang-ulang sampai dirasa cukup. 

2. Minum air hangat

Flu bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi atau kekurangan cairan. Sehingga mendapatkan cukup cairan saat terserang flu itu sangat penting. Minumlah air hangat setiap satu jam untuk menjaga agar tidak dehidrasi dan melegakan tenggorokan.

3. Kumur dengan air garam

Air garam bisa menghilangkan virus di tenggorokan dengan osmosis. Jika setelah berkumur kita meludah, maka bisa dipastikan kita terkena virus flu.

4. Kumur dengan teh

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Cara Membedakan Flu Biasa dengan Covid-19

Jika dahak sudah bergumpal dan berwarna hijau, maka disarankan menggunakan air yang diseduh dengan daun teh untuk berkumur. Hal ini bisa membuat dahak lebih cair dan mudah untuk dikeluarkan.

5. Makan sup

Flu bisa menghilangkan rasa di lidah kita. Mengkonsumsi sup hangat bisa mengembalikan rasa di lidah. Tidak hanya itu, mengkonsumsi sup juga bisa melegakan lubang hidung dan kuping yang tersumbat karena flu.

6. Minum air jahe

Jahe dikenal dengan efek hangatnya jika dikonsumsi. Itulah kenapa jahe menjadi salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan flu.

7. Makan makanan pedas

Cukup tambahkan cabai atau lada ke dalam makanan yang dikonsumsi. Rasa pedasnya bisa melegakan hidung.

8. Istirahat yang cukup

Ketika sedang dilanda flu, badan perlu istirahat. Jika memaksakan untuk beraktivitas, waktu sembuh akan menjadi lebih lama. Lebih baik istirahat daripada menularkan flu ke orang lain.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)