home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Merusak Gigi, Ternyata Minum Teh Bisa Buat Gigi Kuat

Senin, 30 November 2015 16:04 by fzhchyn | 2448 hits
Dianggap Merusak Gigi, Ternyata Minum Teh Bisa Buat Gigi Kuat
Image source: powerbeauty

DREAMERS.ID - Ada anggapan bahwa mengkonsumsi teh itu tidak baik untuk kesehatan gigi, karena kandungan kafeinnya yang bisa menciptakan noda pada gigi. Selain itu, tambahan gulanya juga bisa membuat gigi mengalami kerusakan.

Tapi ternyata minumat tradisional ini justru dapat memperkuat gigi lho. Seperti dilansir CNN, sebuah penelitian terhadap 49 kantong teh menemukan bahwa minum sekitar empat cangkir teh sehari dapat memberikan asupan harian flouride yang direkomendasikan. Flouride sendiri merupakan zat yang dapat memperkuat email gigi dan mencegah kerusakan gigi.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan Nutrition Bulletin tersebut menyatakan bahwa satu cangkir teh hitam mengandung sekitar 1,18 miligram fluoride. Dan teh campuran bebas kafein memiliki kandungan fluoride tertinggi dalam studi ini. 

Penulis penelitian Carrie Ruxton mengatakan bahwa mengganti minuman bergula dengan teh dapat meningkatkan kesehatan gigi. “Meningkatkan konsumsi teh dapat membantu seseorang mencapai tingkat optimal fluoride dan melindungi gigi mereka,” katanya.

Baca juga: Taeyang, Apink, The Rose dan Secret Number Akan Tampil di Bogor

Teh merupakan sumber alami fluoride karena tanaman teh menyerap fluoride yang terkandung di tanah. Tingkat flouride daun teh tergantung pada di mana teh ditanam. Negara-negara Afrika seperti Kenya memiliki tanah yang kaya fluoride.

Selain itu, teh juga dapat menyegarkan napas seseorang karena senyawa dalam teh yang disebut flavonoid dapat membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau tak sedap. Penelitian itu juga menunjukkan, setengah kandungan flavonoid dalam konsumsi masyarakat Inggris berasal dari teh.

Penelitian sebelumnya mengatakan, teh hitam dapat memerangi dua jenis bakteri, streptococcus dan lactobacillus, keduanya menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)