home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terjadi Kericuhan, Mahasiswa Asal Papua Baku Hantam Di Bundaran HI

Selasa, 01 Desember 2015 14:19 by reinasoebisono | 1541 hits
Terjadi Kericuhan, Mahasiswa Asal Papua Baku Hantam Di Bundaran HI
Image source: Liputan 6

DREAMERS.ID - Keributan yang cukup mengkhawatirkan terjadi di Bundaran HI Selasa (01/12) siang ini. Sejumlah massa yang menamakan diri mereka Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) terlibat bentrokan dengan para polisi yang berusaha mengamankan situasi.

Awalnya, para mahasiswa itu terlihat berdemonstrasi secara terpisah di sekitar Bundaran HI dan Menara BCA. Namun diketahui aksi tersebut tidak memiliki izin sehingga polisi berusaha membubarkan massa. Namun mereka menolak dan terjadi baku hantam.



Image source: Liputan 6, Kompas

Massa di depan Menara BCA tidak diperbolehkan bergabung dengan rekan mereka yang sudah lebih dulu tiba di Bundaran HI, di sinilah terjadi bentrok dengan pihak kepolisian. Untuk mengendalikan situasi, polisi sempat menembakkan gas air mata beberapa kali.

Sekitar 100 orang terlihat diamankan menggunakan bus metromini dan beberapa bus polisi untuk digiring dengan pengawalan ketat ke Mapolda Metro Jaya. Sebelumnya, beredar kabar untuk menghindari ruas Bundaran HI dan sekitarnya karena adanya bentrokan AMP dengan polisi tersebut yang mengakibatkan arus lalu lintas menjadi tersendat.


Jalur sekitar Bundaran HI yang dipenuhi massa unjuk rasa AMP (Silva/Wisma Nusantara)

Baca juga: Video Kepanikan Dari Bentrokan Massal LSM dan Ormas di Bekasi

Menurut laman CNN, mengenai aksi hari ini, Pengacara publik dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Veronica Koman mengatakan jika para mahasiswa tersebut telah memberikan surat pemberitahuan namun polisi bersikap represif jika berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan gerakan kemerdekaan Papua.

“Mereka bukan bagian dari Organisasi Papua Merdeka. Mereka hanya mahasiswa,” kata Veronica yang menjelaskan jika kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahun.

(rei/Kompas/CNN)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)