home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengidap HIV/AIDS di Indonesia Mayoritas Usia Produktif

Selasa, 01 Desember 2015 18:00 by fzhchyn | 1973 hits
Pengidap HIV/AIDS di Indonesia Mayoritas Usia Produktif
Image source: huffingtonp

DREAMERS.ID - Penyakit HIV/AIDS sepertinya masih menjadi hal yang menakutkan bagi masyarakat di dunia. Bagaimana tidak, virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini belum bisa disembuhkan dengan pengobatan apapun.

Human Immunodeficiency Virus atau yang biasa disebut HIV ini membuat tubuh tidak memiliki pertahanan alami untuk melawan penyakit lain yang seharusnya tidak berbahaya bagi tubuh, dan perlahan-lahan menggerogoti pengidapnya hingga menemui ajal.

Untuk memberikan edukasi dan kewaspadaan penduduk dunia akan HIV/AIDS, setiap tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Tidak hanya membuat masyarakat untuk melawan penyakit ini, tapi Hari AIDS Sedunia juga dilakukan untuk memberikan dukungan bagi mereka yang mengidap HIV/AIDS atau biasa disebut ODHA (Orang dengan HIV/AIDS).

Di Indonesia, masalah HIV/AIDS ini juga menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah dan lembaga-lembaga terkait. Apalagi sebagian besar penderita HIV/AIDS di Indonesia merupakan dewasa muda yang masih berada di usia produktif.

Berdasarkan laporan yang diberikan Kementrian Kesehatan RI, dalam triwulan pertama (Januari-Maret) 2015, jumlah infeksi HIV yang dilaporkan sebanyak 7.212 orang dengan presentase tertinggi pada kelompok umur 25-49 tahun sebanyak 70,6%. Diikuti kelompok umur 20-24 tahun (15,9%) dan kelompok umur di atas 50 tahun (6,6%).

Baca juga: Menurut Studi, Kekebalan Tubuh Tertentu Dapat Melawan HIV

Sedangkan untuk kasus AIDS dilaporkan sebanyak 595 orang dengan presentase tertinggi pada kelompok umur 30-39 tahun (37,8%), diikuti kelompok umur 20-29 tahun (32,2%) dan kelompok umur 40-49 tahun (11,5%).

Jika dibandingkan antara pria dan wanita, data menunjukkan bahwa jumlah pria yang mengidap AIDS masih lebih banyak jika dibandingkan wanita dengan rasio 2:1.

Hubungan seks masih menjadi faktor tertinggi akan risiko terkena AIDS dengan presentasi 79% pada heteroseksual, 9,1% pada homoseksual, 5,5% pada pengguna jarum suntik tidak steril pada pengguna narkotika suntik (penasun), dan 3% pada ibu positif HIV ke anak.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)