home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mulai Tahun Depan, Tiga Jenis SIM C Akan Diberlakukan

Jumat, 04 Desember 2015 13:39 by fzhchyn | 3033 hits
Mulai Tahun Depan, Tiga Jenis SIM C Akan Diberlakukan
Image source: elshinta.co

DREAMERS.ID - Pada bulan Mei lalu, sempat ada wacana mengenai pembagian golongan pada Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang digulirkan pihak Korps Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri. Rupanya hal tersebut tengah diseriusi.

Saat ini, SIM C yang dimiliki pengguna kendaraan berlaku untuk seluruh jenis sepeda motor yang ada di pasaran. Tapi nanti, biker atau pengendara yang ingin memiliki SIM C akan digolongkan berdasarkan sepeda motor tertentu yang digunakan, seperti yang sudah diterapkan oleh negara-negara maju lainnya.

Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Analis Kebijakan Madya Bidang Dikmas Korlantas Polri menjelaskan, peraturan tersebut sampai saat ini masih dalam tahap pengkajian. Tapi ditargetkan April 2016 mendatang sudah bisa diimplementasikan di Indonesia.

“Sekarang kita sedang proses untuk menyiapkan infrastruktur, sarana serta prasarananya. Target kita triwulan 2016 atau paling telat April 2016,” kata Unggul pada Kamis (03/12) mengutip laman Kompas.

SIM C nantinya akan terbagi menjadi tiga golongan, yaitu C, C1, dan C2. Penggolongan ini didasarkan pada kapasitas mesin. Untuk mesin di bawah 250 cc masuk dalam golongan SIM C, mesin 250 cc sampai 500 cc masuk golongan C1, dan C2 khusus di atas 500 cc.

Unggul menuturkan, setelah peraturan ini berlaku maka pengendara sepeda motor yang belum memiliki SIM akan diuji berdasarkan motor yang dimiliki. Bahkan, biaya masing-masing kategori SIM-nya juga akan berbeda. “Peraturan ini diberlakukan secara nasional. Biayanya berapa belum tahu, tapi yang pasti biayanya menyesuaikan dengan permohonan SIM,” ujarnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)