home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pernah Dijadikan Pangkalan Perang, Museum Perang Dunia II Akan Dibuka di Indonesia

Rabu, 09 Desember 2015 10:45 by reinasoebisono | 4810 hits
Pernah Dijadikan Pangkalan Perang, Museum Perang Dunia II Akan Dibuka di Indonesia
Image source: quotesgram.

DREAMERS.ID - Indonesia memiliki hubungan sejarah dengan Perang Dunia II. Tepatnya, dengan Pulau Morotai di Maluku. Dulu, ternyata Morotai pernah digunakan sebagai pangkalan perang pasukan Amerika Serikat pada masa Perang Dunia (PD) II yang berlangsung tahun 1939 - 1945.

Karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI berupaya untuk mengabadikan bukti-bukti peninggalan PD II yang ada sebagai cagar budaya Indonesia. Proyek ini akandirealisasikan melalui pembangunan sebuah museum di Morotai.

Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud, Desse Yussubrasta mengatakan bahwa pembangunan museum tersebut sudah dilakukan dan saat ini sedang dalam tahap akhir.

"Saat ini sedang finishing terakhir, bangunan sudah ada, ruang pameran juga sudah disiapkan, Harapannya tahun ini sudah diresmikan," terang Desse seperti dikutip dari siaran pers tertulis, Minggu 22 November 2015.

Desse menambahkan, Museum Perang Dunia II ini nantinya akan diisi replika alat-alat perang yang pernah digunakan pasukan Amerika, yang sebagian sudah karam di perairan Morotai. Timbunan armada perang yang telah ditemukan pun akan dipamerkan di museum tersebut.

"Ada tank, kapal perang, dan semua komponen perang. Juga ada storyline perjalanan Perang Dunia II, mengapa Morotai dipakai sebagai basecamp Amerika di Morotai oleh Jendral Douglas Mac Arthur," ujarnya.

Pembangunan Museum PD II di Morotai ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan cagar budaya Indonesia. Terutama cagar budaya yang ada di daerah-daerah, agar generasi muda tidak melupakan sejarah.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)