home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Buat Perih, Gula Bisa Jadi Obat Alami untuk Sembuhkan Luka

Minggu, 13 Desember 2015 13:00 by fzhchyn | 2144 hits
Tak Buat Perih, Gula Bisa Jadi Obat Alami untuk Sembuhkan Luka
Image source: ndtvimg.com

DREAMERS.ID - Terkena benda tajam atau luka menganga pada bagiam tubuh biasanya diobati dengan berbagai salep luka agar cepat tertutup dan mengering. Luka yang belum kering ini harus segera diobati agar terhindar dari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Selain menggunakan salep atau berbagai obat luka lainnya ternyata ada cara alami untuk menyembuhkan luka.

Seperti dilansir dari Our Vanity,  gula ternyata tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pemanis makanan atau minuman. Bahan satu ini juga bisa menjadi bahan alami untuk menyembuhkan luka. Hal ini dibuktikan oleh seorang dokter bernama Moses Murandu yang melakukan penelitian selama enam bulan terhadap 21 pasien di Selly Oak Hospital, Birmingham.

Ia mengobati luka para pasien dengan menggunakan gula, caranya dengan menaruh gula diatas luka yang belum kering tersebut. Dalam hasil penelitian tersebut terbukti bahwa menuangkan bakteri pada luka dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan bakteri didalamnya. Sehingga meletakkan gula di atas luka membuatnya cepat kering.

Baca juga: Berbagai Penyakit yang Dipicu Konsumsi Gula Berlebih

Moses mengatakan hal ini terjadi karena bakteri hidup dari air lengket pada luka. Sementara gula bekerja menyerap air dari luka maupun borok. Sehingga bakteri tidak dapat berkembang, dan menyebabkan luka cepat mengering. Berbeda dengan garam, gula tidak memberikan rasa perih pada luka. Sehingga cara ini mudah diterapkan.

Dosen dari fakultas kedokteran, University of Wolverhampton ini juga menambahkan bahwa cara ini juga di terapkan oleh ayahnya saat yang tinggal di daerah Afrika dengan menaruh irisan tebu pada luka.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)