home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Karena Sampah, 81 Orang Hilang Akibat Longsor di Tiongkok

Selasa, 22 Desember 2015 23:00 by reinasoebisono | 1338 hits
Karena Sampah, 81 Orang Hilang Akibat Longsor di Tiongkok
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Penghujung tahun 2015 kembali mendapat kabar duka karena bencana longsor yang terjadi di Tiongkok. Longsoran dahsyat yang terjadi pada hari Minggu (20/12) kemarin ini mulai menemukan korban-korban yang tersapu tanah.

Longsor tersebut menghantam 33 rumah warga yang berada di Shenzhen. Hingga berita ini diturunkan, laman Metro TV menuliskanjika korban hilang mencapai 81 orang dari jumlah sebelumnya 85 orang.


Image source: Reuters

Penyebab kejadian ini pun masih menjadi perdebatan karena pemerintah dan warga saling tuding. Warga menyalahkan pemerintah yang dinilai kurang waspada terhadap bencana, namun pemerintah mengatakan jika bencana ini terjaid karena kesalahan manusia.

“Tumpukan (sampahnya) terlalu tinggi, tumpukannya terlalu besar, hingga menimbulkan ketidakstabilan pada kontur tanah,” kata pihak Kementerian Pertanahan dan Sumber Daya Tiongkok kepada Xinhua.



Image source: AP, Getty Images

Baca juga: Kronologi Longsor Jakarta Timur yang Ditinjau Langsung Oleh Gubernur Anies

Wilayah longsor cukup besar mencapai 380 ribu meter persegi yang kini kondisinya bercampur dengan sampah dengan endapan mencapai 10 meter. Setidaknya sekitar 16 orang termasuk anak-anak dirawat karena kejadian ini.

Pemerintah mengatakan jika tumpukan sampah yang dekat dengan pemukiman warga itu mencapai 100 meter selama dua tahun terakhir. Karena itu kondisi tanah sekelilingnya menjadi tidak stabil, terlebih, karena hujan deras yang melanda kawasan itu selama beberapa hari terakhir.

Berikut adalah video detik-detik terjadinya tanah longsor di Shenzhen, Tiongkok yang terekam kamera amatir.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)