home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Payudara yang Terasa Sakit Sebelum Menstruasi

Kamis, 31 Desember 2015 15:14 by fzhchyn | 2673 hits
Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Payudara yang Terasa Sakit Sebelum Menstruasi
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Menjelang memasuki masa menstruasi atau haid, biasanya wanita mengalami rasa sakit di beberapa bagian tubuh seperti perut dan payudara. Namun karena rasa sakit tersebut, seluruh badan menjadi ikut sakit.

Jika perut bagian bawah yang terasa sakit, mungkin kita sudah tidak terlalu penasaran dengan penyebabnya. Tapi apa hubungannya menstruasi dengan rasa nyeri di bagian payudara?

Melansir laman Health, rasa sakit dan ukuran payudara yang cenderung lebih besar sebelum dan saat menstruasi disebabkan oleh lonjakan estrogen sebelum ovulasi sehingga menyebabkan salran payudara membesar.

Puncaknya, hormon progesteron pada seminggu sebelum masa haid akan merangsang pertumbuhan kelenjar susu. Alhasil, payudara pun terasa sakit dan membengkak yang diiringi dengan masalah PMS lainnya seperti perubahan suasana hati yang semakin membuat masa haid sulit dilalui kebanyakan wanita.

Baca juga: Ada Benjolan di Leher, Raffi Ahmad Terancam Kehilangan Suara?

Untuk bagian yang terasa sakit, kebanyakan wanita merasakan nyeri di payudara bagian atas dan bagian luar. Tapi tak sedikit juga wanita yang merasakan sakit di seluruh bagian bahkan sampai ke bagian ketiak bagi wanita yang memiliki jaringan payudara yang sedikit.

Nah, agar tidak terlalu merasakan rasa sakitnya, sebaiknya kamu memakai pakaian yang nyaman dan longgar, berolahraga, atau minum obat pereda nyeri yang dianjurkan dokter. Usaha lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan membatasi konsumsi kafein, garam, dan makanan berlemak seminggu sebelum haid.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)