home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Baik untuk Kulit, Ternyata Butiran Halus dalam Sabun Muka Juga Berbahaya!

Senin, 04 Januari 2016 23:00 by fzhchyn | 2466 hits
Baik untuk Kulit, Ternyata Butiran Halus dalam Sabun Muka Juga Berbahaya!
Image source: nationofcha

DREAMERS.ID - Dreamers, apakah produk perawatan kecantikanmu mengandung microbeads? Jika iya, maka sebaiknya mulai sekarang kamu harus menghentikan penggunaan produk tersebut. Microbeads sendiri merupakan butiran kecil halus yang biasa digunakan untuk perawatan tubuh yang biasanya terdapat di sabun muka, sabun mandi, atau pasta gigi.

Microbeads ini sebenarnya memiliki fungsi yang baik untuk kulit, tetapi tahukah kamu jika microbeads justru berbahaya bagi lingkungan? Melansir dari laman Huffington Post, microbeads yang terbuat dari partikel plastik kecil ini bisa mencemari air. Karena butiran ini sangat kecil, saluran pembuangan yang ada disekitar kita tidak bisa menyaringnya, dan langsung menuju ke laut.


Microbeads dalam pasta gigi (yahoo.com)

Di dalam lautan, microbeads sering dikira sebagai telur ikan, sehingga sering dimakan oleh ikan-ikan lainnya. Yang lebih berbahaya, jika ikan atau hewan lainnya di laut tersebut kita makan, maka plastik tersebut bisa masuk ke dalam tubuh kita.

Coba kalian bayangkan, dalam satu botol sabun cuci muka, ada sekitar 300.000 microbeads. Jika dijumlah dalam waktu satu tahun, microbeads yang terbuang ke laut bisa mencapai 300 ton.

Para peneliti di Universitas New York, mengatakan bahwa ada rata-rata 17.000 microbeads di setiap 1 kilometer persegi Danau Michigan. Universitas Oregon juga menerbitkan laporan bahwa ada 8 miliar microbeads setiap harinya menuju perairan di Amerika.

Karena saking bahayanya microbeads untuk lingkungan, 9 negara telah melarang produk menggunakan microbeads. Di negara federal Amerika, RUU sudah disetujui oleh Presiden Obama dan akan melarang semua produk yang menggunakan microbeads dari plastik pada tahun 2017 nanti.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)