home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bandara Kertajati di Majalengka Ditargetkan Rampung Tahun 2017

Kamis, 14 Januari 2016 12:30 by fzhchyn | 2012 hits
Bandara Kertajati di Majalengka Ditargetkan Rampung Tahun 2017
Image source: topik9.com

DREAMERS.ID - Pembangunan bandar udara atau bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak 2013 lalu ditargetkan akan rampung pada 2017 mendatang.

“Sejak tahun 2013 hingga 2015 Kementerian Perhubungan mengerjakan pembangunan sisi udara dengan menggunakan APBN sebesar Rp 375 miliar atau 37,5 persen dari kebutuhan total sisi udara sebesar Rp 1 triliun. Sedangkan pembangunan sisi darat menjadi tugas Pemerintah Propinsi Jawa Barat,” ungkap Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, J. A. Barata, mengutip CNN Indonesia.

Bandara Kertajati dibangun di atas lahan seluas ±1.800 Ha. Pada tahap awal direncanakan memiliki 1 (satu) landas pacu/runway dengan kapasitas 5,6 juta penumpang per tahun. Diharapkan bandar udara ini dapat menjadi bandar udara alternatif bagi masyarakat Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah.

“Sesuai dengan rencana induk, bandara ini nantinya akan dilengkapi dengan 2 (dua) buah runway berukuran 3.500 x 60 meter dan 3.000 x 60 meter yang mampu menampung pesawat sekelas Boeing 747 atau Boeing 777,” jelasnya.

Baca juga: Penampakan 'Cantik' Bandara Terbesar Kedua di Indonesia, BIJB di Kertajati!

Sementara, pada sisi darat, ia menyatakan pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan pembebasan lahan seluas 1.000 hektar dari kebutuhan lahan total sampai dengan tahap ultimate yang perlu dibebaskan seluas 1.800 hektar.

“Rencana pembangunan fasilitas sisi darat terbagi menjadi 3 paket, yaitu paket infrastruktur, paket terminal utama penumpang dan paket bangunan penunjang operasional. Ditargetkan pembangunan Bandara Kertajati ini selesai pada akhir tahun 2017,” katanya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)