home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kebiasaan Saat Mandi yang Sering Dilakukan Ini Bisa Rusak Kecantikan Kulit!

Jumat, 15 Januari 2016 16:00 by fzhchyn | 2975 hits
Kebiasaan Saat Mandi yang Sering Dilakukan Ini Bisa Rusak Kecantikan Kulit!
Image source: photostock.

DREAMERS.ID - Karena sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, banyak orang mungkin tidak terlalu memikirkan bagaimana mandi bisa membuat tubuh bersih, dan yang terpenting tidak menimbulkan hal buruk atau kerusakan pada kulit dalam jangka panjang.

Tanpa disadari, ada kebiasaan buruk yang sering dilakukan saat mandi yang membuat dampak buruk bagi kecantikan kulit, seperti membuatnya kering, gatal, atau bahkan rentan infeksi hebat. Melansir laman Health, kebiasaan saat mandi ini bisa merusak kulit cantikmu.

1. Air terlalu panas

Saat merasakan suhu air di telapak tangan, mungkin kita merasa kalau itu sudah cukup hangat untuk kulit. Tapi bagaimana jika air itu terkena kulit yang lebih tipis dan sensitif dari kulit telapak tangan? Tentunya bisa merusak kulit. Menurut Melissa Piliang, MD, seorang dermatologis, air yang terlalu panas saat mandi bisa menyebabkan kulit kering, eksim, sampai kulit terbakar.

2. Sabun yang terlalu kuat (kandungan kimianya)

Kamu mungkin suka sensasi kulit yang terasa bersih dan kesat usai mandi dengan menggunakan sabun. Tapi nyatanya, sabun dengan kandungan antibakteri dan deterjen yang kuat bisa menyebabkan leih banyak bahaya ketimbang manfaatnya.

Baca juga: Ahli Dermatologi Wajibkan Masyarakat Harus Tetap Mandi Walaupun Pergi Sebentar

Tahukah kamu kalau sensasi kesat pada kulit adalah efek dari hilangnya minyak alami di kulit akibat penggunaan sabun? Menurut Melissa, minyak alami tersebut justru berfungsi sebagai pelumas yang membuat kulit mulus dan melindungi kulit akan air panas, angin, dan hal mengerikan lainnya.

3. Menggosok berlebihan

Menggosok kulit saat mandi boleh saja, jika kulit benar-benar tertutup kotoran akibat aktivitas di luar sepanjang hari. Debu, keringat, dan polusi yang menempel di kulit memang perlu dibersihkan dengan cara ekstra, tapi jika dirasa tubuhmu tidak terlalu kotor, sebaiknya jangan terlalu sering menggosoknya karena bisa membuat kulit iritasi dan menghilangkan minyak alami.

4. Tidak membersihkan pencukur

Alat cukur yang kamu gunakan bisa menjadi sarang bakteri yang berasal dari kulitmu. Jika tidak dibersihkan, bakteri tersebut bisa berkembang apalagi di tempat yang lembab. Jadi usahakan untuk selalu membilasnya dengan air panas sebelum digunakan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)