home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Unik, Ada Cara Memasak Baru dengan Mesin Cuci Piring!

Jumat, 22 Januari 2016 19:00 by tyassss | 3248 hits
Unik, Ada Cara Memasak Baru dengan Mesin Cuci Piring!
Image source: absoluteapp

DREAMERS.ID - Inovasi yang dilakukan dalam dunia kuliner bukan hanya pada bahan yang digunakan maupun cara penyajian pada makanannya. Namun, beberapa waktu belakangan ada salah satu cara memasak yang sedang nge-tren yaitu menggunakan mesin cuci piring. Bagaimana bisa ya?

Dilansir CNN Indonesia baru-baru ini, seorang wanita asal Italia bernama Lisa Casali telah memperkenalkan metode baru dalam memasak yang ditemukannya sejak tahun 2013 silam.

Mesin cuci piring memang menjadi teknologi yang dihadirkan bagi orang-orang yang malas atau tak sempat mencuci piring. Tetapi, seperti dalam buku berjudul Cucinare in Lavastoviglie yang ditulisnya, Casali menciptakan satu pendekatan baru dalam menggunakan mesin cuci piring yaitu memasak!

Casali mengatakan bahwa metode memasak dengan menggunakan mesin cuci piring merupakan cara yang efisien dan ramah lingkungan karena dapat memasak sekaligus mencuci piring, sehingga menghemat energi yang dikeluarkan. 

Betul juga ya! Nah, Casali pun menunjukan eksperimen barunya tersebut lewat sebuah video yang diunggahnya di Youtube. Casali memperlihatkan bagaimana ia mengukus daging dengan menggunakan mesin cuci piring tersebut dan berhasil.

Baca juga: Jangan Asal Manis, Perhatikan Jenis Makanan Ini Untuk Menu Buka Puasa

Bagaimana bisa? Yap, mesin cuci piring memiliki kemampuan untuk membersihkan lemak ataupun kotoran sisa makanan dengan cara menyemprotkan air panas bersuhu 55 hingga 75 derajat Celsius langsung pada piring atau perabot makanan lain.

Penyemprotan air panas pertama dilakukan untuk menghilangkan lemak, kemudian air dikuras dan masuk tahap pencucian dengan air sabun. Tahap terakhir adalah pengeringan dengan beberapa metode, seperti uap panas. Suhu yang di keluarkan juga mencapai 75 derajat Celsius dan dianggap cukup ideal untuk memasak makanan, kutip CNN.

Jadi, bisa dikatakan cara kerja mesin tersebut sama saja dengan memasak dalam oven, microwave, atau dikukus. Namun, perlu diperhatikan bahwa kemasan bahan haruslah rapat. Dengan kemasan yang rapat, air tidak masuk ke dalam makanan.

Selain itu, adapun ahli masak  bernama Xanthe Clay menyatakan bahwa bahan makanan yang cocok dimasak dengan mesin cuci piring salah satunya adalah ikan, seperti Salmon. Salmon cocok karena membutuhkan suhu yang lebih rendah untuk dimasak dibandingkan dengan daging merah.

Meski sudah banyak yang menerapkannya, namun sebagian netizen masih banyak yang ragu dengan bagaimana rasa yang ditumbulkan dari hasil teknik terbaru dari Lisa Casali ini.  Nah, bagi kamu yang memiliki mesin pencuci piring dirumah, tak ada salahnya untuk mencoba, Dreamers!^^

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)