home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hindari Konsumsi Makanan Ini Jika ingin Lewati Masa Menstruasi dengan Nyaman

Senin, 25 Januari 2016 14:35 by fzhchyn | 2495 hits
Hindari Konsumsi Makanan Ini Jika ingin Lewati Masa Menstruasi dengan Nyaman
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Rasa nyeri atau sakit di perut dan pinggul saat mengalami menstruasi atau haid memang sering dirasakan sebagian besar wanita. Masalah lain yang biasa terjadi juga termasuk kram, mual, atau sakit kepala.

Untuk mengatasinya, biasa mengkonsumsi obat pereda nyeri haid adalah salah satu pilihannya, meskipun cara tersebut tidak terlalu disarankan. Sebenarnya, faktor makanan yang dikonsumsi saat menstruasi bisa mempengaruhi rasa nyeri yang dialami.

Seperti dilansir laman Bold Sky, makanan dan minuman ini sebaiknya dihindari saat menstruasi agar nyeri haid tidak terlalu terasa.

1. Kopi dan teh

Kandungan kafein dalam kopi dan teh dapat menyebabkan kembung di perut. Karena jika kita mengkonsumsi kafein saat menstruasi, pembuluh darah akan menyempit dan tubuh akan mengalami dehidrasi. Hal itu dapat menyebabkan sakit kepala dan gugup.

2. Makanan manis

Segala jenis makanan dan minuman yang kadar gulanya sangat tinggi sebaiknya dihindari, seperti permen dan soda. Lonjakan gula darah yang tinggi akan mempengaruhi tingkat emosi. Tak hanya itu, makanan yang terlalu manis juga membuat tubuh mudah lelah dan lapar sehingga membuat berat badan bertambah. Namun makanan manis bisa menghilangkan bad mood dari nyeri yang dialami, jadi jumlahnya saja yang harus dikurangi.

3. Makanan yang dipanggang

Makanan yang dipanggang mengandung lemak trans dalam jumlah besar. Kandungan itu dapat meningkatkan kadar estrogen yang akan membuat rahim mengalami kram dan terasa sakit.

4. Gorengan

Kadar lemak dan minyak yang tinggi juga bisa didapat dari makanan yang digoreng. Sama seperti makanan yang dipanggang, hal itu akan meningkatkan kadar estrogen. Makanan seperti kentang goreng, ayam goreng, dan sebagainya harus dihindari.

5. Makanan asin

Selain makanan yang manis, makanan yang mengandung kadar garam tinggi alias asin juga sebaiknya dihindari jika kamu ingin melewati masa menstruasi dengan nyaman. Garam yang berlebihan dapat membuat perut kembung. Tingginya kalori dan kadar garam dapat menyebabkan berbagai kerugian untuk tubuh dan juga menambah berat badan. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)