home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Puluhan Restoran di Negara Ini Ketahuan Ganti Penyedap Rasa dengan Opium!

Rabu, 27 Januari 2016 11:05 by fzhchyn | 1435 hits
Duh, Puluhan Restoran di Negara Ini Ketahuan Ganti Penyedap Rasa dengan Opium!
Image source: eatthis.com

DREAMERS.ID - Otoritas Makanan dan Obat-Obatan Cina menemukan perilaku nakal restoran di negaranya. Beberapa tempat makan terbukti mencampur penyedap rasa dengan zat adiktif supaya para pelanggan kecanduan.

Salah satu bahan yang banyak digunakan adalah opium sebagai ganti MSG. Seperti yang dilansir dari laman Mirror pada Minggu (24/1), dilaporkan bahwa sebagian restoran bahkan memakai morfin atau kodein untuk meningkatkan kelezatan masakannya.

Badan Obat-Obatan dan Makanan Cina menggerebek setidaknya 35 restoran yang diduga kuat mencampur zat adiktif kepada masakannya. Dari jumlah itu, 25 dipastikan bersalah lalu akan diseret ke pengadilan. Sementara 10 lainnya masih dalam penyelidikan lanjutan.

Pakar Makanan dan Nutrisi Universitas Pertanian Cina, Luo Yunbo, mengkhawatirkan kesehatan para pelanggan restoran nakal itu dalam jangka panjang. Tidak jelas sejak kapan para pengusaha kuliner ini mengoplos narkotika dalam bumbu penyedap. "Dampak kecanduan ini tidak langsung terasa bagi konsumen," ujarnya.

Perilaku mengoplos opium dan masakan ini dilakukan mulai dari pengusaha kaki lima sampai restoran kondang. Dikabarkan restoran mewah spesialis masakan lobster seperti 'Huda' di Ibu Kota Beijing, kini tutup akibat skandal itu terkuak.

Tindakan mengoplos opium dan bumbu masak cukup rutin dilakukan di Negeri Tirai Bambu. Beberapa juru masak sejak 2012 pernah ditangkap polisi karena diduga mencampur zat adiktif agar konsumen terus setia pada masakan mereka. Untuk 2014 saja, ada 215 restoran yang diawasi otoritas Cina.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)