home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Miliki Mata yang Sehat? Sebaiknya Hindari Kebiasaan Buruk Ini

Minggu, 31 Januari 2016 14:12 by fzhchyn | 3297 hits
Ingin Miliki Mata yang Sehat? Sebaiknya Hindari Kebiasaan Buruk Ini
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Dreamers pasti ingin punya mata yang sehat kan? Tapi pada kenyataannya kita sering melakukan kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari bisa merusak mata kita. Contoh kecilnya adalah kebiasaan menatap gadget seperti ponsel, tab, dan laptop terlalu sering.

Kebiasaan memang susah untuk diubah, namun jika untuk alasan kesehatan, apa kita masih ragu untuk melakukannya? Berikut adalah 10 kebiasaan yang bisa merusak mata.

1. Menonton film melalui laptop/tab

Menonton film melalui laptop/tab sedang sangat digandrungi saat ini. Kita tinggal mengunduh film, lalu menontonnya kapanpun kita mau dan menonton dari jarak dekat. Kebiasaan ini bisa membuat mata lelah.

2. Membaca tanpa penerangan yang cukup

Kebiasaan membaca tanpa penerangan yang cukup, apalagi dalam posisi berbaring, adalah kebiasaan yang bisa merusak mata.

3. Tidak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan, khususnya jeruk, dan sayuran kaya akan vitamin yang bisa menutrisi mata. Jika tidak, kondisi mata akan cepat menurun.

4. Membaca saat diperjalanan

Kebiasaan membaca saat berada di atas mobil atau kendaraan lainnya adalah kebiasaan yang tidak baik. Guncangan dari kendaraan bisa membuyarkan fokus kita saat membaca dan mata kita harus kembali menyesuaikan dengan gerakan yang terjadi secara berulang-ulang.

5. Tidak memakai kacamata hitam

Baca juga: Klaim Virus Corona Bisa Menular Lewat Mata, Berikut Penjelasannya

Saat berada di tempat yang sangat terik dan sinar matahari terasa menyengat, radiasi UV akan berpengaruh buruk bagi mata, ditambah jika tidak memakai kacamata hitam sebagai pelindung. Hal itu bisa merusak mata.

6. Tidak berkedip saat menatap layar komputer

Ketika terlalu sibuk dengan pekerjaan yang mengharuskan kita menatap layar komputer terlalu lama, biasanya akan menyebabkan lupa untuk berkedip. Kebiasaan ini bisa membuat mata menjadi kering. Berkedpilah setiap beberapa detik untuk menjaga agar mata tetap lembab dan jangan lupa istirahat

7. Menyipitkan mata

Kebiasaan menyipitkan mata karena pancaran sinar bisa mengacaukan kerja bola mata. Hal ini bisa menambah kerja lensa mata kita.

8. Tidak memeriksa mata secara teratur

Idealnya, setiap orang harus memeriksakan mata mereka paling tidak satu tahun sekali untuk memastikan bahwa mata tidak rusak dan membutuhkan kacamata. Tapi kebanyakan orang terlalu sibuk atau malas untuk memeriksakan mata mereka yang sebenarnya penting.

9. Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang bisa berdampak ke seluruh tubuh. Perokok lebih rentan terkena katarak dibanding mereka yang tidak merokok.

10. Menonton televisi sambil berbaring

Terlalu malas untuk duduk saat menonton televisi? Mulai sekarang hindari kebiasaan itu karena bisa membuat mata gampang lelah dan posisinya tidak bagus bagi mata. Hal itu juga bisa menurunkan daya penglihatan mata.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)